-->

Kenapa Burung Murai Batu Cabuti Bulu? Berikut Penjelasan Mengenal Awal Penyebabnya

 Kenali Dulu Baru Cara Menyembuhkannya

Murai Batu Cabuti Bulu


ANIS MERAH TASIK - Murai Batu merupakan salah satu jenis burung kicau yang saat ini masih menjadi mahkotanya para pecinta burung kicau. dilansir dari berbagai media sosial kalau jenis burung ini memiliki peminat yang cukup luar biasa.

Pasalnya burung kicau yang satu ini biasa disebut Murai Batu, memiliki keunikan dari segi fisik dan suaranya yang khas dan merdu. Sehingga dari berbagai kalangan banyak yang terpikat pada jenis burung ini.

Namun, burung Murai Batu ini memiliki tingkat perawatan yang cukup rumit. Lantaran segi sifatnya yang kerap over birahi dan juga soal pakan yang harus diperhatikan karena menyangkut pada pertumbuhan burung dari segi bulu dan suaranya.

Terkait permasalahan yang sering muncul pada Murai Batu yang suka mencabuti bulunya sendiri. Hal ini tentu membuat pemiliki burung merasa bingung dan khawatir.

Sebelum mencoba untuk mengatasi atau menyembuhkan burung Murai Batu yang cabuti bulu (cabul), ada baiknya perhatikan dahulu sebab terjadinya Murai Batu sampai seperti itu.

Biasanya faktor yang mempengaruhi Murai Batu sebagai berikut.

1. Adanya Kutu pada bulunya

Murai Batu akan cabuti bulu ekor atau sayap dengan adanya kutu yang membuatnya merasa gatal sehingga tercabut bulunya.

2. Murai Batu Over Birahi

Burung Murai Batu sebenarnya memiliki sifat over birahi atau juga emosional tinggi, yang menjadi faktor dirinya cabuti bulu sendiri.

3. Kebiasaan Cabuti Bulu sejak kecil

Hal ini biasanya dapat terlihat jelas jika diperhatikan dari masa ke masa pertumbuhan burung Murai Batu oleh pemiliknya.

Penjelasan yang dibagikan diatas merupakan hasil riset dari yang sudah berpengalaman dalam memelihara burung Murai Batu.

Jadi lakukan pengenalan pada Murai Batu yang sedang cabul tersebut sebelum melakukan penanganan. dengan mengenali bisa menyimpulkan pasti awal mulanya penyebab burung Murai Batu cabuti bulu ekor. (*)


Sumber: KAF BirdFarm

LihatTutupKomentar