-->

Menangani Anis Merah Susah Mabung



Ada beberapa masalah dalam mengatasi anis merah ketika sulit melakukan transformasi bulu atau sering dikenal dengan mabung adakalanya sang pemelihara sangat bingung cara mengatasinya. disini saya mencoba share bagai mana agar anis merah dapat mabung. 

  1. Cobalah mengati merk voer yang berbeda jenis dari voer yang biasa anda pakai karena setiap voer  proteinnya berbeda-beda :misal hari senin pakai merk topsong, hari selasa pakai merk voer bnr(voer yang tinggi kadar proteinnya) hari rabu pakai voer protein rendah (voer kiloan) dan seterusnya selama burung belum turun total. bila mendekati pertumbuhan bulu mulai memakai voer semulanya.
  2. cara uap agar membuka pori-pori burung biasanya susah mabungnya karena kesalahan over jemur untuk cara uapnya lakukan penyemprotan pada burung hingga basah kuyup kemudian masukan ke sangkarnya kembali lalu anda tutupi kerodong yang dibasahi dan simpan ditempat panas sekitar pukul 10 keatas. Sesudah kerodongnya kering semprot lagi sampai basah proses di ulang hingga 2 atau 3 kali setelah itu simpan burung ditempat lembab/dingin.
  3. Atau bisa juga dengan campuran air sirih sama kunyit gede (untuk am yang susah mabung karena kutu) caranya masukan 10 lembat sirih ke air yang agak panas kucek sampai hancur daunnya kemudian parut kunyit gede sampai halus masukan koneng gede ke air sirih campur sampai rata tangkap burung basuh sampai rata ke semua badan..kemudian burung simpan ditempat lembab jangan dimandikan selam 4 hari biasanya hari ke-5 mulai berjatuhan bulu.
  4. mengunakan obat perontok bulu (seperti zenka atau voer mabung).

selamat mencoba semoga dapat bermafaat dan dengan hasil yang anda harapkan untuk burung anis merah anda.


Salam Anis Merah Manis...
LihatTutupKomentar