-->

Cara Membedakaan Anis Merah Jantan dan Betina Ketika Masih Trotol

               Pada umumnya banyak sekali yang mengeluh tentang jenis kelamin anis merah dewasa yang berkelamain jantan dan betina karena pada anis merah dewasa sangat sulit untuk membedakanya mana yang betina dan mana yang jantan karena postur tubuh dan warnanya amat sama sehingga sulit mencari perbedaannya hanya saja kita akan mengetahuinya ketika anis merah jantan akan berbunyi dengan lantang dari sana kita bisa menilai anis merah itu 100% berjenis kelamin jantan.
             Sesungguhnya anis merah bisa dibedakan jenis kelaminnya hanya saja ketika anis merah itu masih berusia 2 sampai 3 minggu atau banyak orang menyebutnya masih trotol. Disini kita akan membahas bagaimana cara membedakan anis merah dan betina pada saat anis merah masih dalam keadan trotol :

  1. Anis merah trotol pasti berjenis kelamin jantan jika tidak ada noda/bercak kekuningan pada ujung sayapnya. 
  2. Anis merah yang memiliki noda/bercak kekuningan tiadak selalu betina, namun presentasenya sangat kecil kurang dari 5%. Jadi sebaiknya pilih Anis merah trotol yang tidak ada noda/bercak kekuningan.
  3. Anakan Anis merah yang ngecir/ngeper (ngeleper) tidak selalu betina, karena ini adalah perilaku wajar Anis merah anakan.
  4. Anis merah yang sudah dewasa atau semua bulunya sudah merah tidak bisa dibedakan dari fisik secara akurat, kecuali jika kita lakukan dengan cara teknologi yang ada. Yaitu dengan alat rontgen 3 dimensi.
Pada dasarnya Jenis kelamin Anis merah tidak ada hubungannya dengan bentuk fisik seperti : mata belo, kepala papak, body ceper, dan sebagainya.





Keterangan gambar:
  • Bercak/noda kekuningan akan nampak (betina) sampai dengan helai ke-5 sayap terdalam.
  • Untuk kasus Anis merah diatas bercak kekuningan terlihat pada helai ke-1 dan ke-2.
  • Beberapa kasus di lapangan bulu tersebut dengan sengaja dihilangkan (alasan rontok).
  • Ada beberapa kasus pula dengan disemir, bisa di check dengan air.
  • Warna kekuningan akan bisa terlihat dengan bantuan cahaya matahari.
Semoga dengan cara ini anda tidak akan tertipu ketika anda hendak membeli anis merah trotol, semoga bermanfaat amiin. Terimakasih


Salam Anis Merah Mania.....
LihatTutupKomentar