-->

Tips menjaga Birahi Cucak ijo

Sobat tentunya pernah mendengar burung cucak hijau yang gampang naik birahinya dan mudah juga turun birahinya itu sangat susah untuk di prediksi bahkan banyak kalangan yang menyebutnya burung ini dengan nama burung misteri sama halnya dengan burung anis merah sangat  suka sekali di juluki nama seperti itu burung misteri bukan berarti burung yang mempunyai unsur misterinya sebutan ini karena brung sangat susah diprediksi birahinya.



Seperti burng cucak ijo ketika di gantang di rumah tanpa ada musuh kondisi birahinya bagus stabil bahkan saking bagusnya ketika dirumah isian yang dimilikinya sering keluar semua hingga merasa kita yakin untuk tampil di lapangan namu ketika tiba di arena lomba dan di gantang burung cucak ijo malah diam, lidahnya menjulur keluar dan bulunya menjadi mengembang, bahkan tidak ada sedikitpun hasrat untuk fighter dengan lawannya malah melihat lawannya saja.

Keadaan ini sering kali membuat para cucak ijo mania sukar memberikan setingan yang tepat bahkan mengecewakan saat tampil di arena lomba keadaan tersebut sering di picu karena birahinya yang terlalu tinggi atau orang sering bilang over birahi, berikut ada beberapa penyebab cucak ijo over birahi :
  1. Faktor mandi yang kurang teratur.
  2. ektrafooding jangkrik, ulat hongkong dan kroto yang berlebihan.
  3. terlalu dekat dengan burung – burung tertentu saat dirumah.
  4. terlalu serinya melakukan cash dengan burung sejenisnya.


Berikut Mengatasi dan menjaga burung cucak ijo over birahi :
  • Mandikan burung cucak ijo sobat secara teratur agar mempunyai bulu yang indah dan terbebas dari kutu
  • Lakukan penjemuran teratur namun jangan terlalu berlebihan, lakukan penjemuran mulai pukul 07.00 – 09.00 tergantung cuaca.
  • jangan mengantang burung cucak ijo terlalu dekat dengan masteran sobat karena mengakibatkan beberapa burung cucak ijo sensitif dengan burung tertentu seperti lovebird, cucak jenggot karena akan membuat birahi pada cucak ijo sobat beri jarak dengan burung tersebut.
  • Jangan terlalu sering melakukan cash dengan burung sejenisnya karena hal tersebut dapat memicu birahi tidak terkontrol dan emosi menjadi tidak stabil bahkan lambat laun akan menghilangkan sifat fighter didirinya.


Begitulah yang terjadi pada burung yang memiliki sebutan misteri ini semoga ulsan diatas dapat membantu sobat menangani burung cucak ijo sobat dirumah hingga stabil di lapangan.

Salam Cucak Ijo Mania . . .
LihatTutupKomentar