-->

Terapi mandi malam dan racikan khusus bongkar performa cucak jenggot maksimal

Hallo sobat kicau mania pastinya sobat sudah mengetahui tentang hal ini yaitu terapi mandi malam pada jenis burung yang berkhasiat mampu mempertajam dan memper indah suaranya. Bahkan beberapa burung yang di ketahui yang rutin melakukan terapi mandi malam ternyata bisa memberikan hasil yang cukup maksimal dalam penampilan dan suaranya di arena lomba seperti burung anis merah, anis kembang dan burung cendet bahkan untuk burung yang akan kita bahas yaitu burung cucak jenggot.



Terapi mandi malam yang dilakukan secara rutin pada burung cucak jenggot berdampak positif dengan hasil yang cukup maksimal terutama pada burung bakalan atau muda hutan bahkan pada burung yang sedang macet bunyi. Manfaatnya yang merangsang tubuh burung menjadi segar dan selalu dalam kondisi terbaik tapi ingat dalam melakukan terapi ini harus dalam keadaan burung yang sedang fit alias tidak sakit.

Disamping rutin mandi malam tentunya kurang efektif jika tidak didukung dengan asupan gizi yang baik dan extrafooding yang terpenuhi, ada juga makanan racikan khusus untuk membuat cucak jenggot tampil dengan perfoma terbaiknya. Langsung saja simak treatmen dibawah ini :

  • Mandi malam secara teratur

Burung cucak jenggot yang masih dalam kondisi bakalan / muda hutan maupun yang dalam kondisi macet bunyi bisa diberikan terapi mandi malam secara rutin selama beberapa hari.
Mandi malam bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, tergantung kebiasaan burung. Misalnya mandi semprot dengan bantuan sprayer, atau memasukkan burung ke dalam karamba mandi.
Waktu memandikan bisa dilakukan antara pukul 19:00 – 20:30 malam hari selama 10 – 20 menit.  Setelah dimandikan, burung diangin-anginkan di dalam ruangan yang terang.

  • Pemberian Racikan khusu

Selain mandi malam, ada hal lain yang bisa membantu meningkatkan performa suara cucak jenggot, yaitu pemberian pakan tambahan. Ada dua model pakan racikan yang bisa diberikan, yaitu :
  • Model racikan pertama

Potongan jahe yang dimasukkan ke dalam perut jangkrik
Jika burung cucak jenggot menggemari jangkrik, Anda bisa mencoba cara ini. Masukkan jahe yang dipotong kecil-kecil (seukuran voer burung) ke dalam bagian perut jangkrik, sebelum jangkrik diberikan kepada burung.
Pemberian jangkrik dilakukan ketika burung sedang dianginkan usai mandi malam.

  • Model racikan kedua :
Untuk bahan-bahan yang harus disediakan sebagai berikut :
  1. Telur bebek mentah (diambil putih telur saja).
  2. 2 sendok makan kroto segar yang bersih (dipisahkan semutnya)
  3. 1 potong buah apel, kemudian diparut atau ditumbuk hingga halus.
Cara pembuatan:
Semua bahan dicampur hingga menyatu dengan menggunakan blender atau diaduk menggunakan sendok.

Cara penyajian:
Berikan 1 sendok teh saja ketika burung sedang diangin-anginkan usai menjalani mandi malam.

Setelah diberi racikan khusus, burung dikerodong untuk beristirahat hingga dikeluarkan pada pagi harinya untuk tujuan pengembunan.

Dengan perawatan yang rutin dan konsisten akan menghasilkan performa cucak jenggot yang yang maksimal dan menjadikan cucak jenggot yang macet bunyi mau berkicau kembali, demikian ulasan tentang terapi mandi malam dan racikan khusus untuk cucak jenggot.



Salam Cucak Jenggot Mania . . .


LihatTutupKomentar