-->

Tips Mengatasi Kuku dan Paruh Yang Panjang Pada Burung Jalak Suren

Terkadang membuat risih untuk melihat kaki dan paruh jalak suren yang terlalu panjang di samping risih juga beresiko melukai dirinya sendiri dengan kuku yang panjang bisa membuat kuku jalak suren terselip di jeruji sangkar hingga membahayakan keselamatan burung jalak suren sobat.



Permasalah paruh dan kuku yang panjang pada buluk jalak suren ?? lalu apa penyebabnya?? Dan bagaimana solusinya ??
Pada hal kuku dan paruh burung jalak suren akan terus tumbuh semasa hidupnya, lalu kenapa kalau di alam liar dan penagkaran tidak panjang?? Di karenakan di alam liar dan penangkaran burung jalak suren sering mengorek tanah dengan kaki dan paruhnya untuk mencari makanannya dan juga sering kali menggesekkan paruhnya ke benda keras dan kasar sperti batu dangan tujuan untuk mengasah paruhnya agar tetap runcung agar lebih mudah mencapit makanannya.
Jika paruh dan kuku terlanjur panjang pada burung jalak suren sobat berikut tips untuk memotongnnya :
·       Siapkan pemotong kuku untuk manusia. Carilah lokasi yang tertutup untuk pengerjaan memotong dengan pertimbangan jika burung terlepas tidak bisa terbang jauh. Pegang burung dengan posisi jari telunjuk dan jari tengah menjepit kepala burung, cek dengan lebih jeli kondisi kuku dan paruhnya dan perhatikan perbedaan warna antara kuku atau paruh yang masih hidup/dilalui jaringan darah dan yang mati. Jika ingin lebih jelas lagi untuk membedakan paruh yang hidup/dilalui jaringan darah dan yang sudah mati dapat dengan cara diterawang menggunakan senter layaknya menewang telur tetas. Setelah menemukan titik yang paling ujung yang tidak dilalui jaringan darah,, barulah anda bisa memotong kuku dan paruh tersebut. Setelah proses pemotongan kuku dan paruh, anda tinggal merapikan potongan tersebut dengan ampelas degan perlahan.
·         Jika cara pertama agak terlalu ekstrim anda bisa menggunakan tips satu lagi, untuk kuku yang panjang anda bisa ganti tangkringan burung anda dengan tangkringan yang ukuran besar dan di lapisi pasir yang sudah di lem di tangkringannya tangkringan seperti ini juga sudah tersedia di toko burung itu akan mengurangi sedikit demi sedikit kepanjangan kukunya, untuk paruh yang panjang anda bisa sediakan ulekan kecil yang terbuat dari batu simpan ulekan tersebut di dalam sangkar lama kelamaan burung jalak suren sobat akan melakukan peruncingan paruhnya sendiri atau juga bisa anda tinggal sediakan tulang sotong di samping dapat mengikis paruhnya tulang sotong memberikan asupan kalsium untuk burung jalak suren sobat.
Jika ada kesalahan letak pemotongan kuku dan paruh sehingga menyebabkan pendarahan, maka anda bisa mengoleskan kuku atau paruh yang berdarah tersebut dengan larutan iodium atau antiseptik yang beredar di pasaran.

Demikian tips untuk burung jalak suren anda di rumah yang di rasa kuku dan paruhnya panjang atau juga bisa menjadi aksi pencegahan pada paruh dan kuku jalak suren anda.





Salam Jalak Suren Mania . . .
LihatTutupKomentar