-->

Mengatasi Cucak Jenggot Cabut Bulu

Birahi yang terlalu atau over birahi bisa mengakibatkan cucak jenggot macet tetapi kondisi over birahi juga dapat membuat burung cucak jenggot cabut bulunya sendiri di sebabkan karena birahi yang tidak dapat di salurkan maka terjadi mencabut bulunya sendiri, kegiatan seperti ini bisa melukai dirinya sendri tentunya harus di atasi jika tidak akan mengakibatkan luka yang cukup serius di tubuh cucak jenggot.



Dengan adanya masalah cabut bulu cucak jenggot harus cepat mengatasinya dengan beberapa cara berikut ulasannya :

  • Stop voer

Cucak jenggot yang over birahi dan mencabuti bulu-bulunya sendiri bisa jadi karena terlalu banyak asupan protein. Kita tahu bahwa terlalu banyak protein dapat menyebabkan over birahi. Untuk itu cobalah untuk berhenti memberikan voer pada cucak jenggot anda untuk beberapa hari. Dan sebagai pengganti voer, anda bisa memberikan buah-buahan terutama buah pisang sebagai makanan utama.

  • Stop extra food (EF)

Selain berhenti memberi voer, anda juga sebaiknya menyetop pakan tambahan seperti jangkrik atau ulat hongkong. Karena jangkrik dan ulat hongkong mengandung protein yang tinggi, yang dapat semakin membuat cucak jenggot semakin over birahi. Jadi pakan utama dan tunggal untuk cucak jenggot yang over birahi dan mencabuti bulunya sendiri adalah buah-buahan (terutama pisang).

  • Terapi mandi

Untuk menurunkan birahi cucak jenggot, banyak kicau mania yang menggunakan metode terapi mandi. Pada kondisi normal, biasanya burung cucak jenggot hanya dimandikan sekali sehari. Tetapi jika kondisinya over birahi dan suka nyabutin bulu sendiri, cobalah untuk memandikannya 2 kali sehari pagi dan sore. Terapi mandi dipercaya dapat menurunkan birahi cucak jenggot.

  • Dikarantina

Salah satu tahap yang dilalui dalam mengatasi cucak jenggot mencabuti bulunya sendiri adalah dengan memisahkannya dari burung-burung lain, baik sejenis maupun beda jenis. Tempatkan cucak jenggot yang over birahi di ruangan sendiri yang jauh dari suara burung lain. Dengan dikarantina, proses pemulihan akan lebih cepat. 

  • Memberikan multivitamin

Cucak jenggot selama masa terapi, tentu mengalami kondisi yang drop. Untuk itu agar tidak mudah sakit dan terjangkit penyakit, anda sebaiknya memberikan multivitamin burung. Multivitamin bisa diberikan pada minuman. Multivitamin bertujuan mencukupi nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan burung selama masa penyembuhan. 

Dengan beberapa perawatan di atas bisa mngatasi cucak jenggot yang mencabuti bulunya hingga kembali normal dan siap untuk di gantang kembali, dengan ketekunan dan konsistensi yang tinggi akan lebih cepat mengembalikan cucak jenggot sobat kembali normal, menurut para master cucak jenggot cucak jenggot akan kembali normal dengan kurun sekitar 2 minggu saja. Demikian ulasan mengenai cucak jenggot cabut bulunya




Salm Cucak jenggot Mania . . .


LihatTutupKomentar