-->

Kunci sukses Penangkaran Burung Jalak Suren




Dalam penakgaran burung jalak suren ada beberapa point yang perlu sobat simak demi kelancaran ternak jalak suren yang sobat bangun, langsung saja kita bahas bersama-sama faktor apa saja menunjang keberhasilan ternak burung jalak suren :

·         Burung jalak sudah siap kawin/memasuki dewasa kelamin
dengan asumsi perawatan yang bagus dan benar, jalak suren memasuki dewasa kelamin pada usia 8 bulan ditandai dengan warna paruh putih bersih, warna di dalam mulut hitam pekat, sudah ganti bulu dengan sempurna/semua bulu sayap tidak ada satu helai pun yang berwarna kusam dan warna di pinggiran mata lebih cerah. perawatan yang bagus dan benar dalam konteks ini adalah sejak kecil burung tersebut selalu rutin setiap hari diberi cacing dan jangkrik dan rutin juga penjemurannya.

·         jalak suren belum terlalu tua/ masih layak produksi/ belum afkir
ciri ciri burung yang sudah tua dilihat dari sudut pandang penangkaran diantaranya adalah, bentuk kaki sudah nyisik lancip dan warnanya putih kiring, raut muka keriput seperti muka entok, warna paruh putih kering.

kami sarankan, untuk pemula yang mencoba memulai merintis penangakaran jalak suren diusahakan mencari bahan yang masih muda, yang ditandai dengan bentuk kaki masih kehitam-hitaman, warna paruh putih tapi basah/kehitam-hitaman dan raut muka masih mulus tidak keriput.

·         jalak suren tidak dalam kondisi mabung/ganti bulu
walaupun jalak suren sudah memasuki umur produksi tetapi burung tersebut masih dalam kondisi mabung, anda harus masih bersabar untuk jalak surennya produksi sampai mabungnya selesai. karena, jalak suren mabung/ganti bulu adalah waktu dimana jalak suren tersebut untuk istirahat dari produksi. jalak suren yang mabung ditandai dengan jatuhnya bulu lama dan berganti bulu baru yang mengkilat.

·         jalak suren sudah beradaptasi di lingkungan kandang
jalak suren yang sudah beradaptasi dengan lingkungan kandang penangkaran ditandai dengan burung tersebut rajin berkicau dan tidak gerabakan.

·         jalak suren sudah mau kreasi
jalak suren kreasi adalah suatu ritual jalak suren untuk menarik pasangannya sebelum melakukan perkawinan. jalak suren kreasi ditandai dengan berkicau saling bersahutan dalam jarak dekat.

semoga tips diatas bermanfaat bagi sobat sekalian terimakasih.




Salam Jalak Suren Mania . . . 
LihatTutupKomentar