-->

Dongkrak Volume Pleci

Memiliki burung pleci yang bervolume keras memang menjadi impian para kicau mania di tanh air siapa yang tidak mengharapkan burung pleci yang dirawatnya memiliki volume suara yang nyaring apalagi sambil mengeluarkan suara isiannya dengan volume yang keras.



Dari beberapa penelusuran pleci yang tidak mengeluarkan suara yang keras saat ngalas bisa di sebabkan karena kurangnya perawatan dan asupan gizi yang tidak terpenuhi, pakan dan perawatan memang menjadi faktor utama dalam menjadikan burug pleci bersuara lantang.

Untuk menjadikan burung pleci sobat bersuara lantang sobat bisa menyimak ulasan di bawah ini :

  • Penjemuran 

Menjemur burung secara rutin sangat penting dilakukan, termasuk untuk pleci. Penjemuran sebaiknya dilakukan pagi hari, saat matahari bergerak terbit dan pada sore hari ketika matahari mulai terbenam. Sebaiknya pleci dijemur secara berdekatan untuk merangsang mereka saling bersahut-sahutan. Selain itu, agar pleci tergoda mengeluarkan suara kicauannya secara maksimal.
Setelah penjemuran selesai, pleci bisa digantang di tempat teduh secara berjauhan. Hal ini dilakukan supaya burung lebih sering mengeluarkan suara panggilannya secara lantang, sehingga bisa membuat salah satu atau beberapa pleci terpancing untuk bersuara ngalas.
  • Melatih fisik

Umumnya yang mampu berkicau maksimal adalah burung yang sangat aktif dan berada dalam kondisi prima. Jika burung ditempatkan dalam sangkar harian, maka sangkar sebaiknya diberi dua tenggeran dengan jarak berjauhan. Hal ini bisa membuat burung pleci menjadi lebih aktif dan banyak bergerak.
Jika pleci makin aktif, maka makin banyak lemak tubuh yang terbakar, sehingga burung akan memiliki postur yang ramping dan nafas panjang. Hal itu menjadi salah satu pendukung sehingga pleci punya suara kicauan cukup lantang.
Namun perlu diperhatikan, tenggeran sebaiknya berjumlah maksimal dua tenggeran saja. Jika terlalu banyak justru akan membuat pleci jarang menggunakan otot sayapnya untuk bergerak, tetapi lebih cenderung mengunakan kaki-kakinya untuk bergerak dan melompat.
Untuk melatih fisiknya bisa juga dengan menggunakan sangkar yang besar atau kandang umbaran agar pleci bisa terbang dengan menggunakan otot sayapnya dan juga melatih pernafasannya agar ngalas dan ngerol panjang.
  • Pengaturan pakan

Pakan untuk pleci harus mengandung nutrisi dan gizi lengkap. Pleci yang hanya diberi voer standar cenderung tak akan tampil bagus, karena minimnya dukungan nutrisi. Berbeda jika burung diberi pakan yang mengandung nutrisi lengkap, baik dari voer dan pakan tambahan extrafooding. untuk extrafooding lihat di sini.
  • Pemasteran

Bagian terpenting dalam mendongkrak suara kicauan pleci adalah pemasteran menggunakan suara-suara masteran yang sesuai. Pemasteran bisa menggunakan suara tembakan dari burung bersuara kencang seperti ciblek, jalak suren, dan sebagainya. Untuk merangsang pleci bakalan cepat berbunyi kencang, bisa dilakukan terapi dengan suara pleci betina atau bisa dengan mempunyai pleci betina dengan syarat jangan saling melihat saat di gantang.


Demikian sobat kicau mania tentang mendongkrak volume burung pleci sobat dirumah semga tips di atas membantu sobat bermanfaat bagi burung plecinya sekian dan terimakasih sudah membaca ulasan di atas.



Salam Pleci Mania . .
LihatTutupKomentar