-->

Perawatan Lovebird Anakan di Musim Penghujan

Memasuki musim penghujan sangatlah identik dengan berbagai penyakit yang menyerang bukan hanya manusia saja melainkan hewan peliharaan sobat dirumah, seperti yang kita ketahui musim hujan memang menjadi ancaman kesehatan burung sobat dirumah terutama pada burung anakan/bakalan yang masih belum sempurna antibodynya untuk melawan penyakit bisa juga di bilang rentan terhadap penyakit .

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas Perawatan burung lovebird anakan di musim hujan, dengan musim cuaca penghujan seperti sekarang ini tentunya sobat harus melakukan perawatan extream terhadap burung lovebird di musim penghujan apalagi terhadap anakannya yang masih rentan dengan penyakit tentunya harus di galakan perawatannya
Antibodi yang di miliki anakan lovebird masih belum sempurna untuk menghadapai musim penghujan seperti sekarang ini jadi sobat dirumah harus melakukan beberapa perawatan yang tidak biasanya. Apa saja yang harus di lakukan ?? simak ulasan berikut ini :
  •  Meletakan/Menggantang Burung di depan Teras Rumah

Cara seperti ini di anggap sebagai metode yang paling sederhana dan tidak memerlukan banyak ruang, cukup letakkan beberapa atau semua burung di depan teras rumah, baik pada pagi hingga malam hari.
Dalam meletakkan burung usahakan di beri skat satu sama lain di tutup papan mengunakan triplek atau pun kerodong agar burung tidak melihat satu sama lain, serta usahakan tempat tersebut terbebas dari siraman air hujan secara langsung.
Cara seperti ini berguna untuk menghindari hawa lembab jika burung di letakan di dalam ruangan yang tertutup, maupun sangkar burung yang di akibatkan oleh kotoran yang dapat menimbulkan berbagai penyakit.
Pilihlah tempat menghadap ke sinar matahari secara langsung, agar pada saat matahari terbit burung bisa langsung menikmati sinar matahari tanpa kita repot memindah–mindahkannya, serta pada saat hujan turun, suara percikan air yang lembut tersebut juga berguna sebagai teraphy agar burung cepat gacor.
Hati-hati, metode seperti ini juga banyak resikonya, pantau selalu keadaan burung–burung kita agar terbebas dari serangan hewan maupun tangan–tangan jahil, usahakan tempat yang kita gunakan untuk meletakkan burung aman.

  • Berikan makanan yang mengandung banyak Gizi dan perbanyak porsi Extra Fooding
Makanan yang banyak mengandung Gizi juga berpengaruh terhadap kondisi tubuh burung, terutama untuk perkembangan tubuh burung tersebut, berikan porsi EF lebih banyak dari biasanya agar kualitas suara burung menjadi lebih bagus.


  • Berikan Multivitamin sebagai antibody untuk tubuh burung
Pemberian Multivitamin untuk burung sangat di anjurkan, terutama untuk menjaga agar kondisi tubuh burung tersebut tetap fit dan tidak mudah sakit


  • Rutin membersihkan sangkar harian
Sangkar yang digunakan untuk meletakkan burung anakan Lovebird sebaiknya rutin dibersihkan agar terbebas dari kotoran maupun bakteri yang bisa menimbulkan berbagai jenis penyakit seperti Jamur, Kutu, Virus, maupun Bakteri, setiap 1 minggu sekali cuci sangkar.



Demikian perawatan-perawatan yang bisa sobat lakukan kepada burung lovebird anakan sobat dirumah agar kondisi kesehatannya tetap terjaga dengan baik dan tetap dalam kondisi yang prima semoga ulasan di atas dapat bermanfaat bagi sobat dirumah. Terimakasih.



Salam Lovebird Mania . . .
LihatTutupKomentar