-->

tips Perawatan pleci hasil dari ombyokan

Untuk mendapatkan burung pleci memang agak sulit jikalau kita mencari ke hutan belantara tetapi sekarang kita cukup datang ke pasar burung yang sudah banyak menjual burung pleci ombyokan dan ada juga terpisah , ombyokan merupakan istilah pleci dalam sangkar besar dan banyak sekali. jika kita ingin mendapatkan pleci dari ombyokan yang baik mungkin kita akan menghabiskan waktu berjam jam untuk memilihnya saja karna sangat sulit untuk melihatnya karena saking banyaknya plecinya dalam satu sangkar tersebut.



Kali ini anda tak perlu harus terus memperhatikan burung pleci terus menerus untuk melihat tekstur burung pleci tersebut secara detail hanya cukup menyamakan dengan tips di bawah ini :

  1. Pilihlah burung Pleci dari ombyokan yang jinak untuk memudahkan proses berikutnya.
  2. Pilih burung Pleci berkelamin jantan dengan ciri–ciri mempunyai kepala agak lancip, paruh panjang, warna lingkaran putih pada mata agak tebal, bentuk bodi dari ujung paruh hingga ekor ideal, ekor berbentuk huruf y dan kaki terlihat jenjang.



Sudah cukup saja dengan tips di atas memilih burung pleci di ombyokan seperti itu, sekarang mari kita lanjutkan ke pembahasan yang paling penting lagi adalah perwatan burung pleci dari ombyokan tersebut.
  • Tempatkan pleci ombyokan yang baru kita dapat di tempat yang lebih tenang lalu berikan pisang, voer dan air minum.
  • Berikan suara Masteran, burung master yang digunakan bisa juga menggunakan burung pleci yang benar-benar gacor (Ngeplong, Nembak, Ngerol) atau bisa juga menggunakan mp3.
  • Keesokan harinya, atau sekitar pukul 08.00–11.00, jemur pleci di bawah (di dasar tanah / lantai) bersama dengan beberapa burung pleci lainnya dan diletakan secara berjejeran.
  • Sediakan cepuk berikut air untuk mandi.
  • Berikan lagi voer, pisang dan air minum.
  • Pukul 11. 00–13.00, gantang beberapa burung pleci di sekitar burung yang baru di dapat tadi dengan jarak sekitar masing–masing sekitar 1 meter, agar satu sama lain saling bersahutan / bisa juga di pancing menggunakan suarabmp3 materan.
  • Pukul 13.00–16. 00, letakan kembali beberapa burung Pleci secara berjejeran di dasar tanah / lantai sambil diperdengarkan suara masteran.
  • Pukul 16.00, bersihkan sangkar harian lalu masukan kedalam rumah.
  • Selama di dalam kamar penyimpanan, mulai pukul 16.00–19. 00 sebaiknya burung diperdengarkan suara masteran.
  • Pagi hari / sekitar pukul 04.00–07.00, putarkan kembali suara master, setelah itu burung dijemur / dirawat.
Lakukan proses di atas secara rutin, jika anda mempunyai waktu luang bawa burung anda ke tempat kontes dan coba chas pleci anda dengan pleci yang lain yang belum pernah di lihatnya.
Semoga tips di atas bagi anda sakalian saya ucapkan terimakasih.




Salam Pleci Mania . . .
LihatTutupKomentar