-->

Tips Beternak burung kacer

Dunia peternakan burung kali sedang di gemari oleh para penagkar bukan hanya saja hobi yang disalurkan melaikan menjadi penghasilan yang mencukupi untuk melnjutkan perjalan hidup banyak sekali orang yang ingin belajar beternak dengan maksud memenuhi saku kehidupan berbagai burung di ternak muali dari kenari, murai, jalak suren, love bird, dan lain sebagainya.




Dengan hasil yang mengiurkan membuat banyak yang alih propesi atau menjadikan sektor utama dalam pencarian penghasila dan kerja yang santai dan sambil menikmati suara kicauan burung merupakan pekerjaan yang sangat enak sekali. memanglah pekerjaan yang kita gemari sangat menyenagkan untuk di kerjakannya ada pepatah yang mengatakan kalau hobi menjadi pekerjaan itu sangat enak sekali.

Kali ini saya akan membahas cara beternak burung kacer :
  • Indukan jantan harus lebih tua dari betina. Kacer adalah burung fighter yang nuraninya harus bisa mendominasi. Ketika dijodohkan dengan betina yang lebih tua dia akan melawan jantan sehingga sulit berjodoh. Bisa-bisa yang jantannya malah kalah dan bisa mengakibatkan kematian untuk jantannya.
  • Indukan betina juga tidak boleh terlalu muda. Minimal umurnya sudah dua tahun. Indukan yang terlalu muda birahinya tidak stabil. Ketika didekati oleh jantan dia malah lari menghindar.
  • Ketika sudah jodoh dan masuk kandang ternak pemberian pakannya tidak boleh dibatasi. Jangkrik juga diberikan tanpa batas. Biarkan pasangan Kacer tersebut makan sepuasnya. Ini supaya nanti bisa menghasilkan anakan yang berkualitas bagus tanpa ada gejala kekurangan nutrisi.
  • Berikan bak air yang agak besar. Tujuannya supaya pasangan Kacer bisa mandi sepuasnya. Usahakan wadahnya airnya dibersihkan minimal 2 hari sekali.
  • Berikan fentilasi yang cukup banyak supaya indukan yang sedang dijodohkan merasa nyaman.
  • Usahakan letak atau posisi kandang ternak mendapatkan sinar matahari.
Memang banyak sekali rintangan yang menghadang ketika kita mau memulai beternak kacer semisalnya karena faktor umur yang masih muda atau faktor birahi yang masih belum stabil pula harus dengan waktu yang lama kita mendapatkan burung kacer yang mempunyai birahi yang siap kawin jikalau kita paksakan memperjodohkan akan mengalami kematian.
Semoga tips di atas bagi anda sekalian saya ucapkan terimakasih.



Salam Kacer Mania . . .
LihatTutupKomentar