-->

Langkah - langkah Menjodohkan murai batu

Menjodohkan burung murai batu bisa di bilang gampang-gampang susah dalam artian terdapat banyak resiko dan kepuasan tersendiri, apabila dalam penjodohan kurangnya hati-hati atau kurangnya pemahaman akan mengakibatkan kematian indukan.



jenis burung murai batu yang berasal dari penagkaran biasanya mudah jinak dalam hal penjodohan pun tidak sesulit burung murai batu yang berasal dari hutan karena burung yang sudah di tangkar akan lebih jinak sudah terbiasa dengan kehidupan dengan manusia.

untuk proses keberhasilan ternak burung murai batu ini anda bisa mengikuti langkah dibawah ini :

  • Langkah Pertama

Selama proses penjodohan berikan extrafooding yang banyak agar cepat meningkatkan birahi keduanya jikalau bisa jangn di batasi dala pemberian extrafoodingnya.

  • Langkah Ke Dua

Simpanlah indukan jantan dan betina dalam satu ruangan tanpa kerodong, siang hari maupun malam hari. Perhatikan suhu ruangan, apabila terlalu dingin ketika turun hujan sebaiknya kedua indukan sangkarnya dikerodong. Hal ini harus dilakukan untuk proses pengenalan dan mempercepat penjodohan.

  • Langkah Ke Tiga

Mandikkan kedua indukan berdampingan. Sediakan dua sangkar keramba mandi, letakkan sejajar dengan jarak sekitar setengah meter. Masukanlah masing-masing indukan kedalam sangkar keramba mandi dan biarkanlah mandi sepuasnya. Mandi harus dilakukan setiap hari di pagi hari. Setelah mandi jemurlah berdampingan pula.

  • Langkah Ke Empat

Setelah langkah pertama, kedua dan ketiga dilakukan selama satu mingu, cobalah pisahkan keduanya dalam ruangan berbeda tetapi berdekatan selama beberapa hari. Apabila keduanya saling bersahutan berarti kedua indukan sudah mulai berjodoh.

  • Langkah Ke Lima

Masukan indukan jantan kedalam kandang penangkaran, biarkan selama satu hari untuk adaptasi. Hari berikutnya masukan indukan betina kedalam kandang penangkaran tetapi tetap berada disangkar. Kita bisa menggunakan sangkar kotak yang tidak terlalu besar untuk betinanya. Perhatikan ketika malam hari, apabila kedua indukan tidurnya sudah mau berdampingan walaupun sebenarnya masih terpisah, berarti kedua indukan sudah mempunyai rasa saling memiliki. Cobalah selama dua hari sebelum melangkah ketahap selanjutnya.

  • Langkah Ke Enam

Ini adalah langkah yang paling menentukan untuk keberhasilan dalam menjodohkan. Lepaslah indukan betina ke dalam kandang penangkaran. Biasanya indukan langsung mendekati indukan betina dan sedikit terlihat seperti menyerang. Amatilah terus selama dua hari, apabila indukan jantan atau betinanya masih terlalu agresif sebaiknya salah satunya dipisahkan dahulu selama satu hari. Hari berikutnya cobalah lagi untuk dijadikan satu didalam kandang ternak.

  • Langkah Ke Tujuh

Apabila langkah keenam telah kita lakukan berulang-ulang dan belum berhasil juga, mau tidak mau kita harus mengganti salah satu indukan dengan indukan yang lainnya. Dan melakukan cara penjodohan dari langkah pertama kembali, harapannya dengan mengganti indukan, penjodohan dapat berjalan dengan sukses.
Dalam proses penjodohan memang sangat memerlukan kesabaran dan ketelatenan. Waktu dan biaya yang tidak sedikit menjadi taruhannya. Apalagi apabila kita sangat menginginkan keuntungan secara ekonomi secepat mungkin, ini akan menambah beban. Dalam menangkarkan apapun burungnya tidak boleh tergesa-gesa untuk hasil yang maksimal. Apabila


Salam Murai Batu Mania . . .
LihatTutupKomentar