-->

Pleci Tanpa voer apa jadinya ??

Perawatan Pleci Tanpa Voer


Perawatan burung pleci identik menggunkan pakan pokoknya yaitu dengan voer dirasa mudah memberikannya dan praktis dengan kata lain tidak mudah basi pula, Tapi bagaimana jadinya jika burung pleci sobat menggunakan perawatan tanpa menggunakan voer hanya menggunakan pakan alami dan pakan yang sering burung pleci makan di alam liar.



Merawat burung pleci tanpa bukan hal yang sangat mudah terutama bagi sobat yang sibuk dengan kegiatan lain namun mau eksis di dunia burung pleci, dengan perawatan yang tanpa voer akan ada hasil yang berbeda dengan menggunakan perawtan yang memakai voer dalam segi pleci berkicau dan kebugaran tubuhnya, dengan pakan alami yang dibekrikan setiap hari tentunya akan memenuhi nutrisi pada tubuh burung pleci namun memang harus dengan perhatian penuh, berikut beberapa cara perawatan pleci tanpa voer :
  1. Menggunakan buah-buahan, dengan tambahan serangga.
  2. Menggunakan tepung jangkrik / ulat hongkong kering yang dihaluskan.
  3. Menghilangkan buah-buahan, dan hanya memberikan pakan serangga.


1. Menggunakan buah, dengan tambahan serangga

Dengan menggunakan buah-buahan dan seranggan menjadi cara yang populer di kalangan pleci mania untuk merawat burung pleci tanpa voer, cara ini juga di gunkan ketika sobat baru membeli burung pleci di pasar atau dimana saja atau jiga hasil tangkapan hutan.

Pakan buah buahan dan serangga memang menjadi menu favorit bahakn menjadi bahan pokoknya di alam liar sana, untuk jenis buah-buahan dan serangga yang bisa di berikan sebagai berikut :
  • Buah-buahan, misalnya pepaya, yang diberikan setiap dua hari sekali.
  • Kroto, diberikan setiap pagi sebanyak 1/2 sendok teh .
  • Setelah kroto, bisa diberikan ulat kandang 1 cepuk kecil. Ulat kandang bisa diberikan lagi sore hari, dengan porsi yang sama.
  • Ulat hongkong putih hanya diberikan sebagai selingan saja, yaitu setiap beberapa jam sekali.
  • Jangan lupa selalu menyediakan nektar buatan (air gula + madu).
  • Penjemuran dimulai pukul 06.00 hingga 10.00. Selanjutnya, burung dianginkan di teras sambil dipancing dengan menggunakan suara kicauan dari pleci yang ngerol melalui suara burung mp3.


2. Menggunakan  tepung jangkrik atau UH kering

Dalam metode ini tidak berbeda dengan metode yang pertama tadi tetapi di berikan pakan tambahan yang berupa tepung jangkrik atau ulat hongkong kering, meskipun di berikan tepung jangkrik tadi tetapi harus di seimbangkan dengan pakan buah-buahan dan serangga hidup demi memenuhi kebutuhan nutris tubuh pleci lainnya.

3. Menghilangkan buah, hanya memberikan serangga

Cara ketiga kali ini tanpa adanya buah buahan yang di berikan hanya memberikan pakan serangga, cara ketiga ini memang tidak sesuai dengan kebiasaan burung pleci di alam liar , namun metode seperti ini pernah di lakukan master pleci dari solo dan hasilnya pun memuaskan dengan memberikan srangga tanpa buah-buahan membuat burung ini melihatkan kelas kicaunya seperti ngerol dan buka paruh.

  • Pakan yang diberikan tiap hari adalah ulat kandang (1 cepuk) dan susu kental manis (1/2 cepuk pakan paling kecil untuk pleci. Khusus malam hari, susu diganti dengan madu. Pakan buah-buahan tidak diberikan sama sekali selama 1 minggu, atau hingga pleci mulai buka paruh.
  • Penjemuran dilakukan cukup ekstrem, karena dilakukan mulai pukul 05.00 hingga pukul 13.00.  
  • Pada malam hari, pleci tidak dikerodong. Semalaman dibiarkan berada di teras rumah dengan posisi agak tinggi.
  • membiarkan pleci di lantai setelah pukul 13.00, untuk dimaster. Pemasterannya juga lumayan ekstrem, karena speaker diletakkan tepat di depan sangkar pleci, lalu audio suara kicauan pleci yang sudah ngerol diputar dengan volume sangat kencang.


Demikian ulasan mengenai pleci tanpa menggunkan voer semoga tips di atas dapat menjadi inspirasi bagi sobat pleci mania jika ingin mencoba perawatan pleci tanpa voer, cara extream yang dilakukan harap sobat pikir dahulu karena fisik pleci berbeda beda. Terimakasih.





Salam Pleci Mania . . .
LihatTutupKomentar