-->

Mengatasi Burung Pleci Over Birahi

Perawatan burung pleci yang di kelola manusia dalam sangkar  senantiasa burung akan mengalami fase over birahi dan juga bisa penurunan birahi , burung pleci yang over birahi akan sangat mengganggu dalam berkicau baik bagi perawat rumahan apalagi bagi burung pleci lomba tentunya akan sangat mempengaruhi performanya di lapangan.



Dengan kondisi over birahi pleci lomba akan sangat sulit untuk di andalkan di lapangan birahi yang terlalu tinggi membuat burung pleci lomba akan ngaco saat tampil di lapangan ketidak stabilan birahi yang membuat performanya menurun drastis saat tampil yang biasanya bongkar isian, ngalas, ngerol jadi tidak tampil saat over birahi seperti ini.

Berikut ciri-ciri burung pleci yang sedang mengalami over birahi :
  • Burung tidak mau diam, atau sering lompat-lompat tenggeran, gelisah dan bisa berlaku agresif.
  • Burung sering menggetar-getarkan sayapnya sambil berbunyi.
  • Jika bertemu atau didekatkan dengan pleci lainnya, dia cenderung bersuara ngeriwik sambil menggerak-gerakkan kepala dan badannya.

Dengan kondisi burung pleci over birahi tentunya akan membuat resah bagi pemiliknya kurang gacor akan menjadi akibatnya, setiap masalah tentunya akan ada solusinya berikut solusinya jika burung pleci over birahi :

  • Rutin memandikan pleci baik dengan cara menyediakan bak mandi di dalam sangkar, atau menyemprotnya menggunakan sprayer. Sesekali, pleci juga bisa menjalani terapi mandi malam.
  • Mengurangi extrafooding , terutama ulat hongkong dan kroto.
  • Rutin memberi extrafooding berupa buah-buahan segar seperti pepaya, mentimun, jeruk, dan tomat. Buah-buahan ini bisa membantu mengurangi birahi.(extrafooding pleci)
  • Mendekatkan atau mengkolonikan pleci yang over birahi dengan pleci lain. Namun untuk sementara jangan dekatkan dulu dengan pleci betina, karena hal itu bisa membuat pleci makin tergantung pada betinanya.
  • Setelah mulai menunjukkan sikap tenang dan tidak menampilkan perilaku over birahi, maka pleci bisa dipisahkan lagi dari koloninya, dan mulai diberikan perawatan harian seperti biasanya.

Demikian ulasan untuk menurunkan kondisi pleci over birahi semoga tips di atas dapat bermanfaat bagi sobat sekalian dan menjadi inspirasi bagi sobat sekalian, terimakasih. Kunjungi juga tips lainnya tentang burung pleci di sini.



Salam Pleci Mania . . .
LihatTutupKomentar