-->

Perawatan Kacer Ager Mabung Sempurna

Perawatan burung saat mabung memang menentukan sekali kembalinya performa awal bahkan bisa menjadi lebih dan juga bisa semakin buruk apa bila perawatannya tidak sesuai atau mabungnya tidak tuntas sampai sempurna begitu pula dengan burung kacer sangat menentukan sekali ferporma terbaiknya saat di gantang.



Ketika tanda-tanda burung kacer sudah kelihatan bulu-bulu kecil mulai berjatuhan segera lakukan saja perawatan mabung secara ektstream agar mabung burung kacer sobat sempurna, berikut ulasannya :

1. Full kerodong
2. Ganti merk voer ganti voer 521 pakan ayam bagus untuk mempercepat rontok.
3. kroto sehari sesendok makan kalau untuk harian. Hentikan Pemberian kroto setelah bulu lama rontok semua.
4. Nggak dimandikan, nggak dijemur.
5. Nggak usah dibersihkan kotorannya selama tidak berjamur.
6. Taburi dulu bagian dasar sangkar dengan kapur setebal sekitar 2 mm merata; kemudian di lapisan atasnya taburi lagi dengan dedak/katul setebal sekitar 1 cm juga merata.


Proses mabung kacer lebih cepat ketimbang Murai Batu misalnya. Mulai bulu rontok sampai bulu putih kembali sekitar 2 bulan. Setelah bulu pulih semua, baru burung dimandikan dan jemur secara bertahap. Baru sekitar 1 bulan setelah bulu lengkap, yakni setelah melalui proses penjemuran dsb, kacer bisa ditampilkan kembali di area lomba.



Salam Kacer Mania . . .
LihatTutupKomentar