-->

Mengatasi Perenjak Macet Bunyi

Burung perenjak yang seperti kita dengar di pagi hari selalu mengeluarkan kicauannya dengan lantang dan rajin, tetapi berbeda dengan perenjak yang kita pelihara di dalam sangkar kicauannya kurang lantang dan kurang rajin kenapa demikian?? Penyebabbnya karena burung perenjak akan mengacu pada perawatan harian yang umum sobat lakukanseprti juga pemberian pakan voer dengan pakan tambahan extrafooding kroto, jangkrik, ulat hongkong.



Ada juga perawatan yang hanya memakai voer saja dan jarang memberikan pakan tambahannya, perawatan burung perenjak dengan burung kicau lainnya sangatlah berbeda umumnya bagi burung kicauan lain birahi pada burung lomba di buat sebaik mungkin agar stabil birahinya, dengan pakan yang di atur dengan mengkondisikan extrafooding agar ketika bertarung bisa tampil maksimal, berbeda dengan burung perenjak yang harus di genjot terus dengan extrafooding seperti jangkrik, kroto dan ulat hongkong.

Banyak terdapat burung perenjak rumahan yang hanya berbunyi beberapa kali dala sehari bahkan hingga macet bunyi, jika terjadi seperti itu lakukan perawatan khusus untuk mengatasi perenjak macet bunyi, berikut ulasannya :
  • Voer yang diberikan sebaiknya memiliki kandungan gizi yang lengkap. Voer seperti ini banyak dijual di pasar / toko / kios burung dengan berbagai merek. Untuk menambah kandungan protein, Anda bisa mencampurkan tepung jangkrik atau tepung daging ke dalam voer tersebut.
  • Berikan ulat kandang sebanyak satu cepuk kecil setiap pagi. Bisa juga diganti kroto sebanyak 1/2 cepuk yang diberikan setiap pagi dan sore hari.
  • Jangkrik kecil cukup diberikan 1 ekor, tetapi setiap dua jam sekali. Jadi dalam sehari perenjak mengkonsumsi 6 ekor jangkrik.
  • Jika ada, belalang hijau bisa diberikan sebagai selingan. Sebab pemberian belalang hijau bisa membuat burung cepat jinak.
  • Penjemuran sebaiknya tidak lebih dari 1 jam. Penjemuran yang baik biasanya hanya sekitar 30 menit, setelah itu burung disimpan di tempat teduh. Penjemuran dilakukan dua kali sehari, yaitu pagi dan sore hari.
  • Agar perenjak lebih rajin berbunyi, Anda bisa membeli perenjak betina sehingga bisa memancing burung agar saling sahut-sahutan.
  • Sore hari, sekitar pukul 17.0o, burung dimasukkan ke dalam rumah untuk beristirahat hingga pagi hari.

Berikut ulasan di atas untuk mengatasi burung perenjak sobat yang macet bunyi semoga tips di atas bermanfaat terimakasih.





Salam Perenjak Mania . . .
LihatTutupKomentar