-->

Memaster Cucak Hijau

Memaster burung agar bisa menirukan suara burung lain memang menjadi daya tarik bagi penggemar dan juga menjadi nilai plus pula di lapangan, pemasteran juga sangat penting sekali untuk melatih kicauan burung sobat sekalian agar mempunyai nada dan lagu yang berirama indah.




Pemasteran banyak sekali sobat dirumah melakukannya dengan sound mp3 atau juga dengan langsung burung masterannya yang di gantang bersamaan tap ingat untuk pemasteran jangan terlalu mendengar suarnya terlalu kencang agar burung yang dimasternya tidak ketakutan seperti menggunakan mp3 volumnya sedang saja kalau menggunakan burung masteran langsung jangan menggantangnya terlalu dekat kasih jarak.

Keberhasilan proses pemasteran juga bisa terjadi kalau sobat rutin memutar suara masteran dari perangkat elektronik pada jam-jam tertentu dan waktu-waktu tertentu setiap harinya. Kalau kita memaster burung cucak hijau dengan burung khusus masteran, yang lebih penting adalah kegacoran dari burung masteran tersebut, terlebih pada waktu-waktu tertentu seperti pagi dan sore hari sewaktu cucak hijau beristirahat.

Ada beberapa hal yang harus sobat perhatikan tentang pemasteran cucak hijau, berikut ulasannya :
  • Tempat yang tenang dan tidak muncul gangguan suara lain dari lingkungan yang bisa mempengaruhi proses pemasteran seperti tukang dagang, knalpot motor / mobil, serta suara lainnya yang mengganggu.
  • Jarak ideal pemasteran adalah 3-4 meter, dengan suara volume sedang, tidak full, sehingga suara yang terdengar lebih mengalun dan tidak pecah di udara.
  • Rutinitas pada jam dan waktu tertentu. Jika hari ini kita memaster burung pada pukul 07.00 – 09.00 dan pukul 15.00 – 16.00, maka untuk hari-hari berikutnya mesti menggunakan waktu yang sama.
  • Karakter suara harus sesuai dengan burung yang mau dimaster. Tetapi mengingat kepintaran cucak hijau yang mampu mencerna suara apa saja (seperti beo/nuri), patut menjadi pertimbangan jika burung master harus berkarakter seperti cendet, kacer ,murai batu, dan anis merah.
  • Untuk burung cucak hijau, waktu yang tepat dan efektif untuk memaster adalah saat burung mengalami mabung nyulam yang ditandai dengan jatuhnya 1-2 ekor bulu sayap atau ekor.
  • Meski pintar merekam suara di sekelilingnya, cucak hijau dengan cepat akan melupakan suara tersebut begitu berganti lingkungan atau tidak ditempel dengan burung masterannya. Ini perlu menjadi perhatian tersendiri.

Demikian ulasan tentang cara pemasteran cucak hijau secara efesien agar menjadi cucak hijau yang bersuara elegean dengan suara masterannya.




Salam Cucak Hijau Mania . . .
LihatTutupKomentar