-->

manfaat buah dan sayuran untuk pleci



Pleci jawara di arena lomba tidak pernah lepas dari perawatan hariannya dan pakan tambahannya yang sering sobat sebut extrafooding. Memang sangat berpengaruh sekali extrafooding bagi pleci untuk memperindah suara dan juga memenuhi kebutuhan gizi yang di perlukan tubuh simungil pleci.

Extrafooding untuk burung pleci ada 3 jenis dari serangga, buah-buahan, dan sayuran 3 jenis makanan tambahan ini bisa membentuk pleci juara di arena lomba, dengan kandungan gizi yang banyak membuat burung pleci dapat tampil menjadi jawara di berbagai even.

Untuk kali ini akan mengulas jenis extrafooding dari buah-buahan dan sayuran ada beberapa jenis buah-buahan dan sayuran yang bisa mendongkrak performanya, berikut ulasannya di bawah ini :
  • Buah pisang


Pisang merupakan jenis buah yang paling umum diberikan kepada pleci maupun burung pemakan buah lainnya. Pisang memiliki kandungan karbohirat dua kali lebih banyak dari pada apel. Adapun kandungan vitamin A lima kali lebih banyak dari pada apel.
Pisang bersifat mengenyangkan dan memberikan tambahan energi. Namun karena kandungan karbohidratnya tinggi, maka pemberian pisang harus diatur agar tidak berlebihan. Sebab jika diberikan rutin setiap hari, burung cenderung cepat gemuk dan malas-malasan.
  • Buah apel


Apel merah mengandung antioksidan.yang bermanfaat  kekebalan tubuh terutama pada burung yang sedang stres.
Buah apel bisa mencegah dehidrasi yang disebabkan berbagai hal seperti penjemuran yang berlebihan, suhu panas, dan sebagainya.
  • Buah pepaya


Pepaya mempunyai banyak manfaat bagi burung, termasuk sebagai terapi bagi pleci yang sedang over birahi. Pepaya juga mengandung antioksidan lebih banyak daripada apel.
Selain itu, pepaya juga banyak mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin B, vitamin E, flavanoid, folat, asam panthotenic, dan serta beberapa jenis mineral seperti magnesium dan kalium.
Burung pleci yang mengalami gangguan pencernaan bisa diterapi dengan memberikan pepaya setiap hari. Pepaya juga bisa membantu burung yang mengalami dehidrasi akibat penjemuran berlebihan atau ketika cuaca sedang panas.
  • Buah jeruk


Jeruk paling cocok diberikan kepada pleci, karena memiliki manfaat yang sama seperti halnya nektar. Buah jeruk memiliki manfaat mendinginkan, sehingga banyak diberikan kepada pleci terutama pada saat cuaca sedang panas.
Jeruk juga mempunyai efek detoksifikasi yang bisa menetralisir racun dalam tubuh burung, serta bisa membantu mengatasi gangguan kesehatan. Asam sitrus yang terkandung dalam buah jeruk bisa membantu mengeluarkan racun dan menstimulasi saluran pencernaan. Bahkan kulit dari buah jeruk bisa digunakan sebagai terapi bagi burung yang susah mabung.
  • Buah lengkeng / kelengkeng


Buah lengkeng memberikan banyak manfaat bagi burung pleci, misalnya sebagai penenang bagi pleci yang sedang stres atau ngedrop, membantu memulihkan energinta saat mabung, dan  membantu pencernaan burung.

  • Wolfberry / goji berry


Buah impor yang bisa didapatkan di supermarket ini sangat disukai pleci karena rasanya manis. goji berry dipercaya bisa merangsang burung pleci miliknya untuk lebih rajin berbunyi dan buka paruh. Manfaat lain dari buah ini adalah memberikan energi tambahan sehingga burung lebih aktif.
  • Ketimun dan gambas 



Sayuran seperti ketimun dan gambas bisa diberikan ketika burung pleci sedang mabung, karena membantu pertumbuhan bulu baru yang sehat dan kuat.
  • Tomat dan wortel


Tomat dan wortel jika rutin dikonsumsi oleh pleci bisa membuat penampilan bulu-bulunya lebih cemerlang dengan warna-warna bulu yang lebih cerah dan berkilauan.
Tomat dan wortel juga bisa diberikan sebagai terapi ketika burung pleci memiliki penampilan bulu dengan warna kusam atau seperti meluntur.


Itulah beberapa buah dan sayuran yang dapat membuat burung pleci sobat agar memberikan performa terbaik baik dirumah apalagi di arena lomba, di samping pakan voer yang menjadi makanan utamanya harus tetap di dampingi dengan beberapa ekxtrafooding di atas atau dengan jenis serangga yang burung pleci sukai.



Salam Pleci Mania . . .
LihatTutupKomentar