-->

Mengatasi Kacer Ngebagong/Ngebalon

Perubahan pola perawatan dan perawatan yang tidak teratur, dalam pemberian extrafooding yang terlalu berlebihan membuat burung kacer anda menjadi ngebagong atau ngebalon saat berhadapan dengan lawannya. Ketika berhadapan dengan musuhnya burung kacer mgebagong tidak akan mengeluarkan bunyi sama sekali hanya akan mengembangkan dadanya dan bergerak kesana kemari, pasti anda akan merasa kecewa saat burung anda bertarung ngebagong karena biasanya kacer akan menari-nari dan berkicau saat melihat musuhnya karena kacer adalah salah satu tipe burung petarung yang eksotik.



Untuk mengembalikan kondisi burung kacer anda agar kembali seperti biasanya, anda coba tips di bawah ini :

  • Masukkan burung kacer anda kedalam keramba yang sudah terisi air penuh, 
  • lalu berikan voer yang mengandung banyak unsur vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan burung. Tempat air minum tidak perlu disediakan, biarkan burung berada dikeramba semalaman dan tempatkan keramba tersebut dikamar mandi atau tempat yang bersuhu dingin dan suasananya tenang tetapi harus terbebas dari serangan Tikus, kucing atau binatang lainnya.
  •  Pagi harinya burung dipindah kesangkar lalu dijemur sambil dikerodong selama -+30 menitan, setelah dijemur berikan vitamin.
  • Pemberian Extra Fooding berupa Jangkrik, kroto, ulat hongkong atau pun serangga lainnya distop total.
  •  Berikan buah-buahan segar dan matang, contohnya pisang kepok yang sudah diolesi madu Kemudian burung digantung ditempat yang tenang sepanjang siang hari. 
  • Lakukan pola perawatan tersebut selama kurun waktu 2-3 mingguan, setelah itu burung Kacer anda bisa coba ditrek lagi dan sebelumnya harus dikasih Jangkrik alam atau kuntring sebanyak 1 ekor dan ulat hongkong yang masih muda dan berwarna putih sebanyak 3 ekor. Kalau kondisinya sudah tidak ngebagong lagi,
  •  perhatikan pola perawatannya harus teratur dan disesuaikan dengan setelan yang pas buat burung anda. 
Pola perawatan memanglah sangat penting sekali untuk perubahan burung karena perawatan adalah salh satu kuncinya untuk menjadikan burung jawara di lapangan. Semoga tips diatas dapat mengatasi burung kacer anda.



Salam Kacer Mania . . .
LihatTutupKomentar