-->

Membedakan pleci jantan dan betina

Burung kecil pleci kali ini menjadai primadona setiap kalangan muda, tua bahkan hingga kalangan anak kecil menyukainya karena harganya terjangkau dan juga sangat menarik untuk di peliharanya dengan warna hijau yang khas, suara ngerol dengan berbagai lagu juga pandai menirukan suara burung lain tetapi dengan volume yang agak kecil. 




Untuk membedakan jenis kelamin burung pleci anda bisa melakukannya dengan cara melihat bentuk fisiknya dan dengan pengamatan yang teliti. Berikut perbedaan yang anda bisa bedakan dari burung kecil ini :

Ciri-ciri burung pleci jantan:


  1. Secara umum ekor lebih panjang dengan ujung ekor berbentuk huruf “V” atau lancip di ujung, kepala cenderung lebih besar dan bulat, paruh lebih besar dan panjang serta postur tubuh lebih panjang dengan kaki jenjang dan warna bulunya lebih tajam.
  2. Alat kelamin (vent/dubur) lebih panjang dan menonjol tegak 30-80 derajat terhadap perut, banyak ditumbuhi bulu dan memiliki warna bulu yang bersih.
  3. Bola matanya besar dan agak sedikit menonjol keluar dengan garis melingkar atau kacamata yang lebih tebal.
  4. Memiliki nada panggil yang keras lantang disertai gerakannya lincah dan gesit.
Ciri-ciri burung pleci betina:


  1. Ekor relatif pendek dan bagian ujung rata, kepala lebih kecil dibanding yang jantan, tubuh lebih pendek dan terkesan bulat serta bentuk paruh pendek dan kecil.
  2. Vent/dubur lebih kecil dan hanya ditumbuhi sedikit bulu, dan warna bulu cenderung kusam.
  3. Bola matanya berukuran lebih kecil serta terlihat sayu dengan garis kacamatanya yang lebih tipis.
  4. Nada panggilnya tidak nyaring serta gerakannya kurang lincah dan kelihatan lebih kalem.
Demikian tips yang anda bisa gunakana untuk membedakan burung pleci jantan dan betina agar anda dapat membedakan mana jantan dan betina agar tidak tertipu saat anda membeli di tempat ombyokan.



Salam Pleci Mania . . .
LihatTutupKomentar