-->

Penyebab Burung ciblek Macet




Burung ciblek anda tidak bebunyi ?? kenapa kah? ayoo cari tahu.
Disini saya akan membahas kenap burung ciblek anda mengalami kemacetan dalam berbunyi dintaranya :
  1. Drop mental. Beberapa sebab yang membuat burung ciblek anda menjadi drop mentalnya (kalah mental) antara lain lomba, latber, atau trek dengan sesama ciblek yang lebih gacor. Secara mentalitas ciblek yang kalah bisa menjadi drop dan macet bunyi.
  2. Perubahan pola perawatan. Misalnya pola pemandian dan penjemuran yang tidak teratur, atau adanya perubahan jadwal pemberian pakan, dan aktivitas lain yang baru. Ciblek yang kaget dan belum terbiasa dengan perubahan pola perawatan bisa menjadi stress dan macet bunyi.
  3. Keadaan yang kurang fit. Beberapa penyebab ciblek tidak fit di antaranya menjelang mabung, setelah mabung, sedang sakit, atau baru saja sembuh dari sakit. Kondisi ciblek yang tidak fit dapat membuat ciblek macet bunyi.
  4. Proses mabung, proses mabung adalah proses yang harus di tempuh oleh setiap burung dalam waktu yang cukup lama dalam proses mabung ini burung akan berhenti berbunyi karena burung akan proses merontokan bulu dan menumbuhkan bulu baru fase ini sangatlah wajar di alami setiap burung.
  5. Pakan dan Extrafooding yang tidak mencukupi. Inilah yang menjadi hal utama mengapa burung ciblek bisa macet bunyi. Pakan adalah sesuatau yang dikonsumsi oleh burnung ciblek dan itulah yang menjadi kekuatan ciblek untuk berkicau. Jadi ciblek yang malas bunyi bisa jadi diakibatkan oleh pemberian pakan yang terlambat, tidak cukup, atau bahkan kekurangan. Untuk extrafood, pemberian jangkrik dan kroto secara kecukupan sangat bermanfaat bagi ciblek. Jadi jangan sampai terlambat memberi pakan kepada ciblek peliharaan anda. 
Semoga bermanfaat dan menjadi ilmu tambahan buat anda sekalian dalam hal mengetahui burung ciblek anda tidak mau berbunyi lagi. Terimakasih.


Salam Ciblek Mania . . .
LihatTutupKomentar