-->

Cara Menjinakan Burung ciblek

Tangkapan dari hutan memang sangatlah agresif karena kebebasan yang didapaatkanya sekarang tidak lagi burung ciblek harus berdiam di sangkar yang tertutup tanpa ada celah untuk keluar dan akan mengakibatkan stres tingkat tinggi dan juga belum terbiasa dengan makanan yang sering kita sebut voer karena di alam liar sana burung ciblek memakan yang ada di hutan saja.

Tapi kali anda tidak perlu kwatir ketika anda membeli burung ciblek dari pedagang yang mana pedagang itu mendapatkannya dari hutan dan burung ciblek masih belum jinak kali ini saya akan membahas untuk anda sekalian bagaimana cara menjinakan burung ciblek hasil tangkapan dari hutan agar burung ciblek anda mau beradaptasi dan bisa mengeluarkan suara indahnya.




1. Siasat dalam pemberian pakan
Pemberian pakan pada burung ciblek bisa menjadi salah satu cara agar ciblek mudah jinak. Caranya adalah kosongkan makanan di dalam sangkar pada saat menjelang malam dan biarkan sampai pagi hari. Tujuannya adalah agar ciblek kelaparan keesokan harinya. Nah pada saat itulah anda mencoba memberi makan ciblek berupa ulat hongkong putih dengan menggunakan lidi kemudian anda masukkan dalam sangkar. Jika ciblek masih enggan makan, tundalah dulu dan lakukan 5-10 menit kemudian, dan begitu seterusnya. Namun jika sampai pukul 10.00 belum juga mau makan, maka taruhlah ulat hongkong di tempat makanan dalam sangkar dan tinggallah. Lakukan itu setiap hari sampai ciblek tidak takut lagi dengan anda. Tujuan dari strategi ini adalah agar ciblek merasa sangat kelaparan sehinga membutuhkan manusia (pemiliknya) untuk mendapatkan makanan. 

2. Menaruh sangkar di tempat yang ramai
Burung ciblek yang liar atau tangkapan hutan akan takut dan terbang kesana-kemari saat melihat manusia, itu merupakan salah satu hal yang wajar sekali karena belum keterbiasaannya bertemu dangan keramaian dan berjumpa dengan manusia. Untuk menjinakkan ciblek liar atau tangkapan dari hutan, anda bisa menggantang sangkar burung ciblek di lokasi yang ramai atau banyak orang yang beraktivitas atau lalulalang, untuk dalam hal menggantangnya gantang burung ciblek anda dekat sekali dengan ukuran orang atau kendaraan yang lalu-lalang biarkan ketika burung ciblek anda masih liar jangan kwatir karena dengan proses ini melatih mentalnya pula, setelah terbiasa melihat orang atau kendaraan yang berlau-lalang burung ciblek akan tetangsendirinya.

3. Dimandikan sampai basah kuyup
Burung ciblek liar akan merasa selalu takut terhadap manuasia tips yang ketiga ini adalah salah satu tips yang paling ampuh untuk kalangan semua burung agar jinak dan tidak takut lagi pada tuannya atau manusia lainnya memang tips ketiga ini cukup extrem sekali karena anda akan merasa cemas dan takut burung anda akan mati tapi anda tidak perlu kwatir karena cara ini merupakan cara yang paling ampuh untuk menjinakan burung ciblek dan burung lainya, banyak para master burung menggunakan cara seperti ini karena di samping menjinakan dengan cara ini pula agar burung tidak stres tingkat tinggi. setelah anda memandikan burung dengan basah kuyup burung akan merasa lapar sekali disini kesempatan anda untuk memberi pakan dengan tangan anda kepad burung ciblek ini berikan ulat hongkong yang sudah berwarna putih berikan dengan tangan anda apabila burung ciblek belum mau mengambil dari tangan anda biarkan saja coba terus jangan menyerah ketika burung ciblek anda sudah mau mengambil makanan dari tangan anda itu adalah ciriburung ciblek sudah mulai jinak, lakukan pemandian basah kuyup ini pagi dan sore, lakukan secara continue dan dengan kesabaran .


Mungkin cara di atas cukup menekan pada burung anda dan cukup extrem tapi jangan kwatir karena ini adlah proses penjinakannya kalau tidak jinak dan belum terbiasa disangkar burung ciblek anda tidak akan menjadi petarung dan tidak akan berbunyi mlahan akan berdampak strees tingkat tinggi. semoga tips ini bermanfaat. Terimakasih.


Salam Ciblek Mania  . . .

LihatTutupKomentar