-->

Menjaga dan membangun mental pleci

Mental pada burung memanglah faktor yang amat sangat penting sakli pada setiap buru ng khususnya burung si kecil mungil yang di beri nama pleci atau burung kaca mata ini yang sedang naik daun karena ke unikan burung kecil ini yang bisa meniruka suara burung apa saja dengan gaya yang berdia di tankringan sambil buka paruh, burung mungil ini pula banyak sekali pengemarnya karena harganya yang cukup terjangkau oleh setiap kalangan.



Setiap penghobi pleci berlomba menyeting dan merawat burung agar bisa tampil di lapangan dan agar bisa bersuara sambil buka paruh tetapi anda harus ingat para hobi meskipun menyeting dan merawat dengan benar apa bila mentalnya kurang maka akan sia-sia pula apa yang kita lakukan begitu pula dengan burung pleci yang sudah bermental baik tetap harus di jaga mentalnya, dibawah ini kita akan membahas menjaga mental sekaligus melatih mental burung pleci anda :
  1. Untuk membentuk mental agar tidak takut dengan orang banyak dan lingkungan yang ramai maka biasakan mengubah-ubah gantangan pleci anda. sebisamungkin gantang burung pleci anda di tempat yang ramai dan gaduh agar terbiasa dengan keramaian.
  2. Kalau di tips pertama anda harus mengubah-ubah gantungan pleci maka di tips yang ke 2 ini jangan pernah anda ubah-ubah posisi wadah pakan dan air minum.
  3. Jangan mengubah tangkringan dan juga tenggeran, biarkan seperti semula.
  4. Untuk melatih pleci biasakan mengganti-ganti kerodong dengan warna-warna yang cerah dan berbeda-beda, supaya mata pleci lebih cerah dan mentalnya terjaga.
  5. Jika mental pleci anda sudah mapan maka sering-seringlah mempertemukan pleci anda dengan burung lain baik yang sejenis maupun tidak. Tapi jika mental burung anda kurang baik dan masih mentah maka jangan dipertemukan terlalu lama justru takutnya malah menambah drop.
  6. Biasakan bawa ke lapangan kontes sesering mungkin dan konteskan, meski masih belum bunyi dan masih belum juara tidak apa-apa jangan pesimis anda bawa lagi di lain waktu berikutnya, jika belum bunyi mungkin memang mentalnya belum terbentuk. 
  7. Untuk menaikan mental pleci sebaiknya anda tidak hanya mempunyai satu pleci saja tapi juga anda bisa mempunyai dua pleci. Dua pleci yang anda miliki sebaiknya satu dengan mental yang bagus dan satu dengan mental yang masih belum terbentuk, tujuannya agar pleci dengan mental yang lebih baik merasa percaya diri dan merasa mampu untuk bertarung karena melihat lawannya yang masih dibawahnya.
Dengan melatih mental seperti di atas burung anda akan siap untuk naik kelapangan dengan mental yang baik, lakukan secara konsisten dan telaten. Semogatips ini bermanfaat . Terimakasih.


Salam Pleci Mania . . .
LihatTutupKomentar