-->

5 Penyebab Ekor Murai Tidak Tumbuh Sempurna

Ekor Murai Batu Tidak Kunjung Panjang, Simak Penyebabnya.

Ekor pada murai batu merupakan alat vital yang wajib dimilikinya bukan hanya sebagai ciri khas yang mempunyai ekor panjang namun sebagai penyeimbang dalam tubuhnya apalagi saat bersuara merupakan penyeimbang yang sangat di butuhkan dan juga sebagai keindahan keserasian pada burung murai batu.



Ngomongin soal ekor pada murai batu banyak kicau mania yang mengeluh dengan ekor murai batu yang tidak kunjung panjang hingga membuat burung murai batunya menjadi kurang eksotis dengan ekor yang pendek, soal ekor murai batu yang tidak kunjung panjang ada beberapa penyebabnya yang membuat burung ekor murai batu tidak tumbuh maksimal berikut ulasannya :


#1. Pakan Tidak Tepat

Burung memerlukan asupan nutrisi yang baik untuk kesehatannya. Makanan yang mengandung nutrisi dan protein yang baik dapat membantu proses pertumbuhan bulu terutama ekor. Jika kita memberikan pakan yang kandungan gizinya tidak baik sebelum proses mabung, maka akan berakibat ekor murai batu jadi bertambah pendek serta tipis

#2. Suhu Udara Terlalu Panas

Suhu udara yang terlalu panas juga dapat mempengaruhi pendeknya ekor murai karena zat lilin yang berada pada pangkal bulu ekor menjadi kering dan keras. Maka sangat disarankan agar jangan menjemur burung pada saat matahari terik atau langsung berhadapan dengan sinar matahari secara langsung.


#3. Dicabut Secara Paksa

Pencabutan bulu dengan cara paksa pada ekor dapat mengakibatkan pertumbuhan bulu ekor tidak sama panjang ukurannya. Hal ini seringkali dilakukan oleh pemelihara yang tidak sabar menunggu burung pada saat mabung.


#4. Murai Kondisi Stress

Stress pada burung juga bisa membuat ekor murai tidak panjang pasca mabung. Kondisi stress ini biasanya sering terjadi pada murai batu yang baru pertama kali mengalami mabung dan di rawat oleh pemelihara yang juga baru memelihara murai batu. Karena adanya rasa penasaran, seringkali pemelihara sering membuka sangkar yang dikerodong. Akibatnya burung tidak tenang dan nyaman sehingga membuat stress.



#5. Fight Sebelum Proses Mabung Selesai

Semua kicau mania tentunya tahu murai batu termasuk burung fighter sifat fighternya akan muncul saat mendengar suara burung murai batu lainnya atau bahkan sampai di track di lapangan pada saat bulu ekor belum tumbuh sempurna itu akan mengahambat pertumbuhannya karena murai batu pada saat bertempur akan memainkan ekornya dengan memainkan ekor sebelum tumbuh sempurna akan menghambat pertumbuhannya
Demikian beberapa penyebab yang membuat ekor murai batu tidak tumbuh sempurna semoga tipds di atas dapat membantu mengetahui penyebab yang membuat burung murai batu tidak tumbuh ekor yang sempurna.

Salam Murai Batu Mania . . .
LihatTutupKomentar