-->

Mengatasi Ciblek Cabut Bulu

Cabut Bulu ??



Masalah satu ini menjadi masalah yang cukup serius dengan prilauknya yang menyakiti dirinya sendiri yang di lakukan burung ciblek mencabuti bulunya burung ciblek mencabuti bulunya sendiri , dari sekian banyak burung ciblek cukup sedikit yang melakukan cabut bulunya sendiri , tentunya ciblek seperti ini karena ada beberapa faktor penyebabnya berikut ulasannya :

  • Ciblek mengalami over birahi

Sepanjang hidup burung ciblek akan mengalami birahi namun ada yang stabil ada juga tidak yang maksud di sini ciblek akan mengalami naik turun birahinya atau yang sering kita kenal ketika birahinya naik tanpa batas di sebut over birahi, terjadinya over birahi bisa di pacu oleh pakan yang yang mengandung protein dengan pemberian yang tidak di batasi  atau jiga bisa karena masa birahinya sudah tinggi tanpa di salurkan di sebabkan seringnya di perlihatkan dengan burung betina.
Karena tidak tersalurkannya birahinya menjadikan burung ciblek agresif bahkan hingga seperti masalah yang kita bahas sekarang yaitu burung ciblek cabut bulu. 
  • Ciblek mengalami stres 

Selnjutnya yang menyebabkan burung ciblek cabut bulu di sebabkan karena stres tinggkat tinggi stres pada buurng ciblek bisa disebabkan karena ketidak nyamanannya lingkungan di sekitar atau bisa di lingkungan sangkar seperti suara yang terlalu berisik hingga burung ciblek ketakutan berlebih hingga mengakibatkan stres berat , karena juga tangkringan yang kurangnya man di sangkar , sangkar yang terlalu sempit juga bisa terjadi dan juga bisa hasil tangkapan hutan yang dirawat tidak hati-hati karena tangkapan hutan belum terbiasa dengan lingkungan manusia. 
  • Ciblek mengalami gangguan parasit

Gangguan parasit terjadi di sebabkan tungau yang menyerang pori –pori pada kulit burung ciblek hingga burung ciblek merasa tidak nyaman demi merasa nyaman burung ciblek memcabuti bulunya hingga burung ciblek merasa nyam mencabuti bulunya meskipun tidak berpengaruhi hingga tungau akan menjalar keseluruh tubuhnya samapai tungau itu hilang dari tubuhnya burung ciblek pun tidak akan pernah berhenti mencabuti bulunya.

Itu tadi di atas beberapa openyebab yang menjadikan burung ciblek sobat mencabuti bulunya , jika burung sobat dalam kondisi mencabuti bulunya sendiri sobat bisa menerapkan perawatan yang khusus bagi ciblek sobat yang mencabuti bulunya , berikut solusinya :

Mengatasi Ciblek cabut bulu
  • Simpan burung ciblek di tempat yang sunyi tanpa menggabungkan dengan burung lainnya apalagi yang sejenisnya,
  • Sebelum matahari terbit keluarkan burung di teras rumah atau di tempat yang langsung berpapasan dengan alam terbuka gantang burung samapai terbit fajar sering kita kenal dengan pengembunan.
  • Mandikan burung dengan sampo burung atau dengan cara alami dengan rebusan daun sirih mandikan burung ciblek hingga basah kuyup dan juga semprot sangkarnya  dengan tujuan membunuh tungau , kutu, kutu merah yang bersarang di sangkar.
  • Untuk pemberian pakan extrafooding batasi dengan memberikan 1 ekor jangkrik pagi – sore, kroto 3 hari sekali dengan takaran yang sedikit, hentikan pemberian ulat hongkong.
  • Berikan extrafooding yang bersifat mendinginkan seperti tiumun, ulat bambu
  • Berikan terapi mandi malam dengan kesesuain kondisi burung dan cuacanya.


Demikian ulasan mengenai burung ciblek yang mencabuti bulunya yang disebabkan beberapa faktor dan juga beberapa solusi cara mengatasinya semoga tips di atas bermanfaat bagi sobat seklaian kunjungi terus Anis Merah Tasikmalaya . Terimakasih.



Salam Ciblek Mania . . .
LihatTutupKomentar