-->

Perawatan love bird sejak dini

 Di butuhkan beberapa faktor untuk keberhasilan dalam merawat burung lovebird muda (bakalan) agar menjadi lovebird yang mempunyai mental yang bagus, kondisi yang prima dan tak kalah penting adalah suara ngekek yang panjangnya. Agar mampu menorehkan prestasi di seetiap ajang perlombaan baik lokal ataupun nasional.





Berikut beberapa tips yang kami rangkum berdasarkan pengalaman para master of lovebird menangani lovebird umur 15 hari hingga siap untuk di konteskan :

·         Hand feeding dilakukan ketika anakan berusia 15 hari
Anakan lovebird (piyik) yang sudah berusia 15 hari mulai di sapih dari asuhan sang induk dengan diloloh sendiri menggunakan tangan manusia setiap 5 jam sekali dalam sehari sampai piyik lovebird berusia 2 bulan, tempatkan piyikan tersebut di dalam inkubator atau disebut alat penghangat.

Anakan usia 15 hari – 1 bulan diloloh sebnyak 5 kali dalam sehari hari, usia 1-2 bulan meloloh di kurangi menjadi 4 kali dalam  sehari, semasa anakan di dalam inkubator usahakan setiap hari untuk diperdengarkan suara masteran bisa menggunkan mp3 selama 24 jam penuh, kontrol kebersihan inkubator dan wadah anakannya setiap  harinya agar selalu terjaga kebersihannya.

·         Proses Seleksi Lakukan Ketika Anakan Berusia 2-2,5 bulan
Pada usia berikut kebanyakan anakan lovebird mulai belajar ngekek walaupun masih malu-malu, agar mental anakan bisa terlatih coba setiap pagi di jemur dan mandikan, setelah dijemur kemudian diangkat terus diangin-anginkan di tempat yang ramai dangan suara berisik seperti di pinggir jalan atau di tempat banyak lalu lalang orang-orang.

Selanjutnya anakan usia 2-2,5 bulan lakukan penyeleksian bakat-bakat dari anakan lovebird tersebut, setelah kita menemukan anakan yang sudah belajar ngekek kita pisahkan ke kandang sendiri lalu lakukan perawatan secara intensif kepada anakan yang sudah kita pisahkan tadi dengan perawatan sebagai berikut :
·         Pagi hari sekitar pukul 07.00 burung di mandikan dengan cara semprot halus / cepuk.
·         Kemudian burung di jemur sampai pukul 10.00.
·         Pukul 10.00 – 11.00 burung di angin – anginkan di tempat yang lebih teduh.
·         Pukul 11.00 masukkan burung ke dalam ruangan master.
Sebaiknya pada saat menjemur atau meletakkan burung di dalam ruangan master, burung tidak saling melihat satu sama lain, dalam pemberian ektrafooding seperti sayuran maupun jagung muda dilakukan secara selang seling setiap harinya.

·        ·         Perawatan burung lovebird usia 3 bulan

Pada usia ini kebanyakan anakan burung lovebird mulai matang dan menunjukan bakatnya dalam berkicau, ketika anakan menginjak usia ini langsung kita carikan setingan untuk lomba yang pas agar nantinya kita menemukan setingan yang pas untuk di lombakan ketika burung lovebird usia mapan dan berikut beberapa setelan yang baik ketika usia 3 bulan untuk burung lovebird :

·         Pukul 06.45 Burung dikeluarkan dari dalam rumah lalu diangin – anginkan selama 15 menit.
·         Pukul 07.30 Burung Dimandikan dengan semprot halus.
·         Pukul 08.00 – 11.00 Burung di jemur, proses penjemuran di lakukan dengan saling menyekat agar satu sama lain tidak melihat.
·         Pukul 11.00 burung kembali diangin–anginkan, tambahkan serta ganti dengan yang baru baik pakan maupun air minum.
·         Multivitamin juga rutin di berikan untuk menunjang kebugaran tubuh burung.
·         Pukul 12.00 burung kembali di kerodong lalu simpan di dalam ruangan master.
·         Pukul 15.00 Burung kembali di keluarkan dari dalam ruangan lalu di angin – anginkan kembali selama 15 menit.
·         Tambahkan EF berupa sayuran Kangkung dan pakan harian.
·         Pukul 16. 00 burung kembali di kerodong, kemudian dimasukkan sampai keesokan harinya.

Tips –tips di atas adalah tahapan dalam membentuk burung lovebird berprospek di lapangan semoga pembahasan di atas membantu sobat sekalian untuk membuat love bird jawara di lapangan lokal maupun nasional.



Salam Lovebird Mania . ..


LihatTutupKomentar