-->

5 cara agar burung love bird cepat bertelur

Semua pasti kenal dengan burung satu ini yang terkenal dengan sebutan nama burung cinta yang selalu setia pada satu pasangan seumur hidupnya ........ yaah benar sekali sobat burung ini bernama lovebird semua pasti mengenalnya yang terkenal juga dengan warna bulu yang elok dan tubuhnya yang unik sehingga menarik perhatian banyak orang, beberapa tahun kebelakang beternak lovebird memang cukup menjanjikan untuk mendatangkan pundi-pundi uang.




Untuk itu bnyak para penggemar burung lovebird yang beternak hingga menghasilkan anakan yang banyak dan menghasilkan anakan yang berkualitas, tapi pernahkah anda mengalami masalah pada lovebird betina anda yang tidak mau segera bertelur??
Tentunya anda menginginkan love bird betina anda segera bertelur agar cepat menghasilakn anakan dan juga cepat menghasilkan uang namun tak sedikit peternak lovebird mengalami masalah pada betina lovebirnya yang tak kunjung mau bertelur padahal usianya sudah memasuki usia yang mapan untuk bertelur.



Berikut ini tips agar burung love bird betina anda cepat bertelur :

·         Cara yang pertama adalah: menempatkan pasangan lovebird lain dalam satu ruangan, namun berbeda kandang. Cara ini cukup efektif karena suara dari betina lovebird lain yang sedang bertelur akan memancing lovebird betina yang belum bertelur untuk segera kawin dan bertelur juga.
·         Gunakan lampu full spektrum: Lampu full spektrum dipercaya dapat membantu lovebird merasa nyaman dan sejuk, sehingga mempercepat waktu bertelur. Lampu full spektrum memiliki suhu 5500 K (Kelvin), dan memiliki warna cahaya yang menyerupai sinar matahari, sehingga baik bagi kesehatan semua jenis burung termasuk burung lovebird. Anda bisa menempatkannya di bagian atas kandang, dan anda bisa mengatur kapan lampu dinyalakan. Sebaiknya matikan lampu di malam hari agar burung merasa di alam liar.
·         Mengganti pakan lovebird: Lovebird betina yang tak kunjung bertelur bisa disiasati dengan perubahan menu makanannya. Sebagai contoh, berikan makanan yang dapat memicu hormon lovebird betina agar cepat bertelur. Beberapa makanan yang kami sarankan antara lain tauge, biji kwaci, kangkung, atau tulang sotong.
·         Pemasangan sarang kotak / Gelodok: Sarang kotak atau biasa disebut gelodok adalah tempat lovebird meletakkan telur dan mengerami telurnya. Untuk itu anda harus memperhatikan ukuran gelodok dan tata letak yang tepat agar lovebird betina cepat bertelur. Untuk ukuran sarang kotak / gelodoknya, usahakan tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Buatlah ukuran yang pas yang sesuai ukuran lovebird itu sendiri. Lubang pintu jangan terlalu lebar, tapi sesuaikan dengan ukuran tubuh lovebird. Untuk luas ukuran bagian dalamnya, jangan terlalu luas dan jangan terlalu sempit. Serutan kayu didalam kotak setebal 2,5 cm saja, karena lovebird biasanya akan menyusun sarangnya kembali.
·         Memberikan suplemen untuk burung lovebird: Yang terakhir adalah pemberian suplemen unuk merangsang biriahi lovebird.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang 5 cara agar lovebird cepat bertelur, semoga bermanfaat bagi anda dan terima kasih telah membaca artikel ini.





Salam Lovebird Mania . . .
LihatTutupKomentar