-->

Egg Food Pengganti Kroto untuk ciblek

Ada kalanya semua akan langka begitu pula dengan pakan ciblek yang selalu menggunkan extrafooding kroto agar staminanya selalu terjaga dan agar selalu tampil prima diberbagai even/perlombaan kelangkaan tersebut membuat kekawatiran para pemilik burung yang selalu menggunakan pakan extrafooding kroto, meskipun kroto hasil alam jika terus di lakukan mengambilan setiap hari tentunya akan mengurangi populasi yang ada karena proses perteluran pada semut rangrang ini membutuhkan waktu yang tidak singkat jadi pastinya akan ada kelangkaan jika terus setiap harinya di adakan pengambilan dari alam.

Tetapi anda tidak perlu kwatir jika ada kelangkaan terjadi karena disini para master menyediakan alternatif pengganti kroto jika di rasa kroto semakin sulit jika dirasa kroto smakin sulit untuk di dapat para master menyebut pakan pengganti kroto ini dengan nama egg food . 

Sesuai dengan namanya, egg food ini terbuat dari bahan dasar telur rebus. Cara pembuatannya tergantung dari jenis burung. Untuk ciblek, telur yang digunakan adalah telur puyuh. Tetapi ini bukan ketentuan mutlak, karena Anda juga bisa menggunakan telur ayam maupun telur bebek. Bagian telur rebus yang digunakan hanya kuning telur saja.
Bahan tambahan lainnya adalah susu bubuk dan minyak ikan. Minyak ikan tidak perlu beli yang botolan, cukup kapsul minyak ikan yang bisa dibeli di apotek atau toko obat terdekat.


Proses pembuatan egg food untuk ciblek
  • Telur direbus hingga matang benar. Buang kerabangnya, potong jadi dua bagian dan ambil kuning telurnya saja. Di sini, kita hanya menggunakan 1/2 bagian kuning telur.
  • Masukkan kuning telur ke dalam mangkuk kecil, lalu diaduk-aduk / digerus menggunakan sendok makan sehingga menjadi bubuk.
  • Jika Anda menggunakan telur puyuh, tambahkan 1/2 sendok teh susu bubuk ke dalam bubuk kuning telur tersebut. Tetapi jika Anda menggunakan telur ayam atau telur bebek, porsi susu buku yang ditambahkan sebanyak 1,5 sendok teh. Aduk kembali hingga kedua bahan (kuning telur dan susu bubuk) tercampur secara merata.
  • Sekarang ambil 2-3 butir kapsul minyak ikan, Gunting ujung kapsul, dan tuangkan minyak ikan ke dalam mangkuk kecil yang berisi adonan kuning telur dan susu bubuk. Aduk kembali agar minyak ikan mengenai semua bagian dari adonan.
Cara penggunaan egg food
  • Setelah adonan tercampur semua, pakan bisa langsung diberikan kepada ciblek dengan porsi seperlunya saja. Misalnya 1/4 bagian dari cepuk pakan.
  • Sisanya bisa disimpan dalam lemari pendingin, untuk digunakan esok hari. Pakan yang didinginkan jangan langsung diberikan kepada burung, tetapi diangin-anginkan hingga suhunya menjadi netral / suhu kamar.
Perlu diketahui, egg food ini hanya sekadar pengganti kroto selama sulit didapatkan. Jika kroto masih dijumpai di pasaran, dianjurkan tetap menggunakan kroto. Jika ingin ciblek lebih lincah dan  rajin berbunyi, berikan kroto  yang sudah diolesi multivitamin seperti penjelasan sebelumnya.
Jangan lupakan extra fooding (EF) lainnya seperti jangkrik kecil dan ulat hongkong berwarna putih, masing-masing sebanyak 1-2 ekor setiap hari. Perawatan lain seperti mandi dan jemur juga perlu dirutinkan setiap hari agar burung selalu merasa segar dan nyaman. Dua hal ini juga sangat berperan dalam menentukan kegacoran burung. Semoga tips di atas bisa menjadikan ilmu tambahan bagi anda untuk membantu anda dalam merawat burung ciblek anda pada masa kesulitan kroto. Terimakasih.
Anis Merah Tasikmalaya


Salam Ciblek Mania . . .
LihatTutupKomentar