-->

Menjinakan Burung Cendet

Burung cendet merupakan salah satu burung predator yang terkenal di kalangan burung kecil, burung cendet juga terkenal galak terhadap pemiliknya mungkin karena memang naluri pembi itu tapi anda tak perlu kwatir lagi karena disini akan memberikan tips dalam menjinakan burung cendet ini, kita mulai cara menjinakannya dari cendet anakan :

  • Cendet Anakan atau Lolohan .


Merawat burung cendet dari anakan atau lolohan merupakan cara perawatan yang banyak digemari oleh semua penghobi, Merawat burung sejak dini memberikan efek yang positif diantaranya burung akan lebih jinak dan lebih rajin berbunyi karena sering berinteraksi dengan manusia, sehingga burung tersebut tidak takut dengan kehadiran kita.
Kendati demikian, perlu perawatan yang intensif dan tepat agar burung tidak merasa terancam bahkan stress dengan pola perawatan yang kasar.

Perawatan Burung Cendet Anakan atau Lolohan diantaranya sebagai berikut :

  1. Buatkan sarang yang lebih hangat, bisa juga menggunakan tumpukan jerami, keranjang bekas atau sarang burung yang terdapat di pasaran.
  2. Alasi Sarang tersebut dengan remahan bekas kayu (daun yang kering).
  3. Setiap hari membersihkan bekas kotoran burung / mengganti alas dengan yang baru agar burung tidak kedingan serta terbebas dari gangguan semut maupun binatang kecil lainnya.
  4. Pemberian makan dengan cara di loloh umumnya sehari sampai 4–5 kali.

  • Cendet Muda Hutan


Cendet muda hutan umumnya di dapat dari alam liar  dan dirawat dalam kandang, burung muda hutan lebih gampang stres dan berpotensi mati jika pola perawatan yang kita lakukan tidak sesuai, dalam merawat burung muda hutan sebaiknya harus ekstra hati-hati dan sabar sebelum burung benar–benar mampu beradaptasi dengan lingkungan barunya itu.

Perawatan Burung Cendet Muda Hutan diantaranya sebagai berikut :

1.Melatih untuk makan Voer.

Bila burung sudah terlihat agak sehat dan tidak sakit maka berikan teraphy pakan Voer, terapi ini dilakukan dengan hati-hati dan tetap dalam pemantauan, caranya dengan mencampurkan voer dengan beberapa extrafooding seperti kroto, Ulat hongkong / balap menjadi 1 dalam cepuk, kemudian biarkan burung memilih makananya, apabila burung lebih memilih makan extrafooding dalam cepuk, biasanya karena lapar maka akan memakan voer secara perlahan untuk menutupi rasa laparnya itu, lakukan cara seperti ini secara terus menerus hingga burung terbiasa makan Voer tanpa campuran extrafooding.
Bila burung sudah makan voer maka tahap berikutnya yang harus dilakukan Ialah proses penjinakan, hal tersebut di lakukan agar burung muda hutan mampu beradaptasi dengan pola perawatan kita, diantaranya sebagai berikut :

2.Berikan terapi mandi

Selain untuk membersihkan bulu maupun badannya, Terapi mandi bertujuan untuk menurunkan tingkat stres pada burung muda hutan, membuat burung lebih fresh dan berkurang sifat liarnya, Terapi mandi burung yang diterapkan untuk burung muda hutan sebaiknya di lakukan setiap pagi dan malam hari.
Media yang kita gunakan untuk terapi mandi diantaranya bisa menggunakan keramba ataupun spray dengan semprot halus / salju, tambahkan pula 2–3 tutup botol shampo jati jajar untuk menjaga kelembutan bulu–bulu pada burung cendet muda hutan. 

3.Penjemuran

Setelah dimandikan, langkah selanjutnya yakni penjemuran, waktu penjemuran yang ideal untuk burung antara pukul 08.30– 10. 30, hal tersebut dilakukan agar burung menjadi lebih sehat, penjemuran sebaiknya dilakukan di tempat yang rendah dan sering di lalui banyak orang untuk melatih burung agar tidak takut dengan kehadiran manusia, begitu pula dengan posisi gantangan pada saat burung selesai di jemur, sebaiknya pilihlah tempat gantangan yang sering di lalui orang.

4.Melatih Agar lebih jinak

untuk melatih burung agar lebih jinak lagi, ada baiknya melakukan terapi lapar, yakni memberikan extrafooding secara terbatas / sedikit, tujuanya agar burung pada  siang / sore akan merasa kelaparan, maka pada saat itulah kita bisa memberikan jangkrik dengan menggunakan lidi/ biting yang agak panjang, bila burung sudah mau makan jangkrik dengan menggunakan lidi maka bukan hal yang mustahil jika terus–menerus melakukan pemberian extrafooding seperti ini bisa langsung menggunakan tangan kita secara langsung hingga burung jadi lebih jinak.

Semoga tips di atas memberikan manfaat bagi anda sekalian menjadikan burung cendet anda menjadi burung cendet yang jinak.



Salam Cendet Mania ... 


LihatTutupKomentar