-->

Mengenal Extrafooding Cucak Jenggot

Makanan tambahan atau yang sering kita kenal dengan bahasa inggrisnya extrafooding adalah pakan tambahan yang sangat berpengaruh sekali bagu tubuh burung untuk meningkatkan stamina, meningkatkan birahi, menjadikan burung selalu berkicau dan tetap dalam perfroma yang maksimal. saking bermanfaatnya untuk burung sangat di butuhkan setiap harinya tetapi harus dengan aturan dan takaran yang teapt karena mengandung resiko juga, apabila kita tidak mengaturnya dan tidak menakarnya akan membuat burung akan mengalami over birahi dan obesitas dan apabila tidak diberikan extrafooding burung juga akan membuat performa menjadi lemah, kurang ngotot hingga membuat burung anda tidak mau bunyi.



Setiap burung mempunyai extrafooding masing-masing dan fungsi yang berbeda meskipun extrafoodingnya sama, kali ini kita akan mengenal beberapa extrafooding untuk burung cucak jenggot dan fungsinya, agar kita tahu fungsi masing-masing extrafooding untuk burung cucak jenggot anda agar burung anda tetap dalam kondisi yang baik untuk takarannya anda bisa coba dengan perlahan agar anda bisa mengetahui perkembangannya.

Berikut dibawah ini extrafooding untuk cucak jenggot anda:
  • Jangkrik


Jangrik adalah pakan tambahan yang wajib diberikan untuk cucak jenggot karena jangkrik mengandung protein yang sangat tinggi. Kandungan protein yang ada di jangkrik bahkan mampu meningkatkan suara volume pada cucak jenggot hingga meningkatkan birahi. Meski jangkrik mempunyai protein yang sangat tinggi tapi pemberian jangkrik harus di batasi karena jika berlebihan bisa membuat burung cucak jenggot anda menjadi over birahi dan obesitas. Banyak kicau mania yang memberikan jangkrik dengan porsi yang cukup banyak saat akan dilombakan karena jangkrik bisa menambah stamina cucak jenggot anda.

  • Belalang



Belalang adalah pakan tambahan yang juga memiliki protein yang tinggi untuk cucak jenggot. Belalang bisa anda gunakan untuk mengganti jangkrik jika anda sulit mencari jangkrik di pasar atau di toko burung di lingkungan anda.

  • Kroto



Khasiat kroto sudah tidak usah diragukan lagu oleh anda, selain bisa membuat cucak jenggot anda berkicau merdu dan gacor saat di lombakan kroto juga bisa membuat bulu cucak jenggot anda menjadi mengkilap

  • Ulat Hongkong



Ulat hongkong salah satu pakan tambahan yang sangat diminati oleh cucak jenggot, kandungan protein yang ada di ulat hongkong juga sudah tidak usah anda ragukan lagi. Pemberian ulat hongkong yang terlalu banyak bisa membuat mata cucak jenggot anda bengkak dan juga tubuh cucak jenggot anda lumpuh. Jadi batasi pemberian ulat hongkokng untuk cucak jenggot.

  • Ulat Bambu



Kandungan gizi yang ada di ulat bambu mampu menurunkan birahi pada kacer dan juga murai batu. Ternyata bukan hanya pada kacer dan murai saja, ulat bambu juga bisa menurunkan over birahi pada cucak jenggot. Jadi bila cucak jenggot anda over birahi berikan ulat bambu.

  • Pisang Kepok



Pisang kapok banyak dijual di pasar, anda bisa mendaptkannya dengan mudah. Pisang kapok baik dan disukai oleh cucak jenggot, kandungan gizi yang ada dalam pisang kapok bisa menjaga cucak jenggot anda dari penyakit.

  • Apel



Apel sangat baik diberikan pada cucak jenggot karena mengandung banyak serat. Kandungan yang ada pada apel bisa membuat cucak jenggot anda cepat pulih jika dalam kondisi sakit, selain itu apel juga bisa membuat cucak jenggot anda tidak stress.

  • Voer



Voer atau pakan harian burung bisa anda dapatkan dengan mudah di pasar burung. Voer mengandung banyak mineral, protein serta vitamin. Bukan hanya kaya akan vitamin, protein dan mineral voer juga mempunyai kandungan lemak rendah jadi sangat baik untuk pakan harian burung anda.

Demikian extrafooding yang bermanfaat dan mengandung gizi, vitamin yang baik untuk burung cucak jenggot anda agar ada dalam kondisi yang prima, semoga bermanfaat bagi burung cucak jenggot anda. Terimakasih.



Salam Cucak Jenggot Mania . . .
LihatTutupKomentar