-->

Perawatan Ciblek Mabung




Mabung merupakan pergantian bulu lama dengan bulu yang baru proses ini adalah salah satu proses yang pasti di alami oleh setiap burung pada masa mabung bulu akan rontok dengan sendrinya dan tumbuh dengan sendirinya dalam proses mabung harus terpenuhi vitamin dan proteinnya karena dalam masa mabung banyak mengurasi protein dalam tubuhnya untuk menumbuhkan bulu yang baru oleh karena itu dalam proses mabung kita haru dapat memenuhi kebutuhannya agar pada saat bulu baru tumbuh dan beres burung ciblek anda akan tetap fit dan akan cepat kembali berkicau.

Perawatan pada saat burung ciblek mabung :
  • Ketika Proses mabung sebaiknya frekuensi penjemuran dan mandi di kurangi atau pun bisa kita di berhentikan misalnya dalam pemandian kita berikan 1 minggu sekali untuk penjemuran kita hentikan total sampai proses mabung beres.
  • Jaga dalam proses kebersihan sangkarnya misalkan 3 hari sekali karena akan menimbulkan penyakit apabila kita tidak bersihkan.
  • Lakukan pengkrodongan secara full dan pengecekan pakan secara rutin..
  • Hentikan pemberian ulat hongkong (UH). EF untuk ciblek mabung diganti dengan 1 ekor jangkrik berukuran kecil dan 1/2 sendok teh kroto.
  • Lakukan Pemberian extrafooding pagi dan sore dengan takaran yang sama seperti di atas.
  • Lakukan cara tersebut sampai mabung selesai.

Pada dasarnya selama ciblek mabung sangat membutuhkan energi dan protein yang cukup. Untuk itu kurangi aktivitas yang menguras energi ciblek. Dan yang penting cukupilah kebutuhan nutrisi ciblek agar proses pergantian bulunya lancar dan cepat. semoga perawatn ciblek mabung ini bermanfaat untuk ciblek anda sekalian . Terimakasih.

Salam Ciblek Mania  . . .
LihatTutupKomentar