-->

Menjaga Bulu Pleci

Burung pleci yang di kenal Burung kecil yang mungil dengan gaya suara yang ngalas dan buka paruh ini sempat booming namanya di tahun 2013-2014 di kalangan kicau mania tanah air ini hinggam menjadi burung yang selalu tergantung di setiap rumah dengan tubuh yang mungil dan harga yang relatif murah menjadi peliharaan yang ideal di kalangan masyarakat. Betapa populer nya burung pleci ini hingga di setiap seluruh pelosok perkampungan rutin mengadakan kontes khusus pleci meskipun hanya kecil-kecilan.



Sampai saat ini kelas pleci di arena lomba masih menjadi kelas yang ramai peminatnya meskipun tidak sebooming pada saat pleci berjaya ha,pir semua perlombaan selalu di tambah kelasnya saking boomingnya pada saat itu, meskipun tidak demikian pleci akan tetap di ingat dalam memori para kicau mania bahkan seluruh masarakat tentang burung kecil ini.

Meskipun tidak setenar dulu tentang burung pleci namun selalu ajah ada pembahasan tentang burung ini mau itu perawatannya, masterannya, extrafoodinya bahkan tentang menjaga kendahan bulunya yang akan di ulas kali ini tentang menjaganya agar tetap indah dan sehat, ketika burung pleci terlihat kusam, kusut, pecah-pecah, bahkan berubah warna maka burung pun menjadi kurang percaya diri untuk mengeluarkan suara kicauannya sebab secara alamiahnya burung jantan biasanya berkicau untuk menarik lawan jenisnya dan menandai wilayahnya.
Terkadang perubahan bulu pada pleci di picu oleh perubahan perawatannya hingga membuat perubahan pula terhadap tampilan bulu-bulunya. Berikut penyebabnya :
  • Pakan voer yang selalu berganti-ganti
  • Kurang mendapatkan asupan pakan yang berasal dari buah-buahan atau sayuran
  • Sering dijemur terlalu lama di bawah terik matahari
  • Jarang diberikan mandi semprot atau karamba
  • Perubahan warna akibat genetik atau turunan

Untuk menjaga kesehatan bulu-bulunya, terutama menjaga agar bulu pleci tak kusam atau berubah warna, berikut ini beberapa perawatan yang bisa diterapkan pada burung kesayangan di rumah:

  • Jangan terlalu sering mengganti voer, terutama voer yang berlainan merek dan / atau berbeda warna.
  • Berikan buah dan sayuran secara bervariasi, terutama yang memiliki warna-warna cerah seperti jeruk, apel, wortel, dan tomat.
  • Berikan pakan tambahan / extra fooding yang bisa menjaga kualitas bulu, misalnya tepung udang, atau tepung daging.
  • Lakukan penjemuran secukupnya saja. Dianjurkan tidak menjemur burung pleci tatkala sinar matahari terasa sangat terik, terutama di atas pukul 10.00.
  • Rutin memandikan pleci setiap hari. Aktivitas mandi secara rutin bisa membantu pleci membersihkan bulu-bulunya dari kotoran dan parasit seperti kutu dan tungau. Selain itu, dapat menjaga agar bulu tetap mengkilap dan tidak mudah kusam / berganti warna.


Demikian ulasan untuk menjaga bulu burung pleci sobat agar tetap indah dan enak di pandang , semoga ulasan di atas bermanfaat bagi penggemar burung pleci di tanah air terimakasih.



Salam Pleci Mania  . . .


LihatTutupKomentar